Transaksi Penjualan Online Sumbang 60 Persen
BEKASI – Pandemi Covid-19 berakibat perubahan perilaku konsumen di sektor industri otomotif. Jaringan penjual beralih ke strategi penjualan digital marketing. Seperti halnya, PT Sun Star Prima Motor (SSPM) Bekasi selaku diler resmi Mitsubishi. Pihaknya mencatat kontribusi penjualan digital marketing berkontribusi hingga 60 persen selama pandemi ini. “Sekitar 60 persen itu dari digital marketing, sisanya dari referensi dan lainnya. Memang perilaku konsumen berubah dipandemi ini. Masyarakat semakin terbiasa dengan pembelian online,” kata Branch Manager Mitsubishi SSPM Bekasi, Irwan Arifin Sejak awal pandemi, dikatakan Irwan pihaknya memang sudah menyiapkan sumber daya manusia dan sarana prasarana untuk menerapkan digital marketing. “Memang dari awal kita sudah siap, kita sudah membentuk tim digital untuk pemasaran. Memantau tahapan-tahapan. Tim ini tidak hanya sales, mulai dari supervisor dan Branch Manager agar dapat memantau setiap prosesnya,”ucap dia. Mulai dari website dan media sosial pun diperkuat. Menurut Irwan rata-rata pembeli online yang memang sudah tahu kualitas kendaraan Mitsubishi. “Pembelian secara online ini memang yang sudah tahu kendaraan tinggal proses harga, diskon dan ketersediaan. Namun kita juga arahkan konsumen yang belum tahu datang langsung untuk lebih memastikan fitur-fitur dan test drive,”ucap dia. Mitsubishi SSPM Bekasi pun memastikan, meski membeli secara online, konsumen akan tetap mendapatkan penawaran terbaik dari diler,”Sama saja diskonnya baik beli offline ataupun online,”ucap dia. Untuk transaksi, dikatakan Irwan kewajiban seluruh konsumen melakukan pembayaran ke rekening perusahaan resmi, sehingga dipastikan proses transaksi akan aman. “Kita terus edukasi ke konsumen, setiap sales itu dikartu nama dicantumkan rekening perusahaan, setiap kali surat pemesanan, sales wajib melaporkan kekantor,”ucap dia. (dim/shn)