Gencarkan Promosi Lewat Media Sosial
KARAWANG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang terus berbenah dalam upaya membangkitkan sector pariwisata pasca Pandemi Covid-19. Melalui Program Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Ekraf), Disparbud Karawang terus meningkatkan kapasitas SDM pengelola wisata dan infrastruktur promosi wisata di Karawang.
Kepala Bidang Ekraf pada Disparbud Kabupaten Karawang, Fazriyan Wardani Adhitya mengatakan, agar sector wisata di Karawang lebih menggeliat. Disparbud Karawang fokus pada peningkatan SDM pengelolaan wisata di tahun 2022 ini. Sebab, kata dia, pengelola wisata yang bagus dapat memicu ketertarikan pengunjung di tempat-tempat wisata yang ada di Karawang.
“Untuk program tahun pertama kita ini hanya baru satu, kita fokus dulu pengembangan SDM-nya, walaupun sebenarnya sudah ada beberapa pelaku usaha bidang pariwisata dan Ekraf ini yang sudah berkembang, namun kita juga ingin semua SDM-nya bisa lebih berkembang juga,” kata Adhitya, Selasa, (5/7/2022) kemarin.
Baca Juga:Smanlika Juara Umum LKBB Tingkat JabarDPRD Kota Bekasi Lantik Anggota PAW Eni Widiastuti
Menurutnya, dalam upaya pengembangan SDM, pihaknya akan memberikan pelatihan khusus tentang optimalisasi penggunaan sosial media (sosmed) atau digital marketing dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi pelaku usaha Ekraf.
“Sekarang sudah era digital, jadi sangat penting untuk lebih mengoptimalkan penggunaan media sosial dan pemanfaatan aset digital berupa data base mereka dalam pengembangan usaha Ekrafnya, dengan tujuan dapat membantu memperluas pantulan konsumen mereka,” tuturnya.
Selain pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek), lanjut dia, pihaknya juga akan melaksanakan workshop tentang bagaimana cara meningkatkan dan menjaga kapasitas produksi agar tetap stabil tanpa mengurangi nilai kualitas barang produksi mereka.
“Kita juga akan menggelar Workshop yang bermanfaat bagi para pelaku usaha ekraf dan pariwisata. Untuk ekraf sendiri, salah satunya tentang penguatan kapasitas produksi agar tidak turun saat kebutuhan meningkat dan tidak berlebihan jika memang penjualan sedang menurun, guna menstabilkan cost produksi yang telah mereka keluarkan,” ujarnya.
Dia menambahkan, dalam upaya membantu mempromosikan setiap produk pelaku usaha tersebut, ia mengajak seluruh Vloger dan selebgram khususnya di Kabupaten Karawang untuk berkolaborasi, dengan tujuan membangun bersama serta mempromosikan hasil-hasil produk dan jasa ekonomi kreatif asli Karawang.