IGI Minta Guru Terapkan Metode Pendekatan Karakter
BEKASI – Proses pembelajaran di ruang kelas saat ini berbeda dengan zaman dulu. Guru dituntut untuk lebih memahami karakteristik siswanya, dibanding berupaya meningkatkan capaian nilai siswa dalam mata pelajaran.
Seperti yang diungkapkan oleh Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Bekasi, Prawiro Sudirjo. Menurutnya, penting bagi guru untuk menerapkan pendekatan dalam pembelajaran sehingga dapat mengetahui karakteristik peserta didiknya. Hal ini sebagai salah upaya untuk meningkatkan kompetensi guru.
“Meningkatkan kompetensi dirinya dalam hal mengetahui kekurangan atau kelebihan muridnya secara satu persatu. Ini yang harus bisa guru lakukan dan itu menjadi sebuah tantangan bagi guru maupun sekolah,” ungkapnya, belum lama ini.
Baca Juga:Purwakarta Kekurangan Penyuluh PertanianPemdes Anggadita Serius Garap Pemulihan Ekonomi
Cara yang paling mudah diterapkan guru dalam pendekatan pembelajaran kepada siswa antara lain dengan melakukan tes diagnostic dan memberikan pre test.
“Dengan cara tersebut guru akan tahu apakah siswa sudah bisa atau belum memahami materi yang disampaikan,” terangnya.
Selanjutnya, guru dapat melakukan terapi yang berbeda sesuai kemampuan siswa. Selain itu, guru dapat meneliti gaya belajar siswa seperti auditori, kinestetik, atau visual.
“Gaya belajar juga harus diteliti oleh guru, dicari apa minatnya lalu disurvei pembelajaran apa yang mereka sukai,” ucapnya.
Diakui, pendekatan dalam pembelajaran cukup sulit untuk diterapkan oleh sebagian guru. Penyebabnya, kesibukan lain yang dijalani oleh guru bersangkutan.
“Pendekatan dalam proses pembelajaran memang sulit untuk dilakukan sebagian guru, karena beberapa kesibukan lain yang juga dijalani. Sehingga memang dibutuhkan kesabaran dalam proses penerapannya,” tuturnya.
Sementara Kepala SMAN 1 Sukakarya Kabupaten Bekasi Acep Hadi mengaku guru dituntut untuk mampu mengembangkan pendekatan dan strategi dalam proses pembelajaran.
Baca Juga:Kades Iim Jadikan Pengajian Jadi Ajang Serap AspirasiPolisi Buru Pembuang Bayi di Rumah Kosong
“Jika guru bisa menyentuh pendekatan tersebut dengan baik, maka tidak mungkin akan banyak dampak positif yang didapatkan. Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan, ada keadilan dalam bentuk nyata, dan tentunya guru serta murid dapat berkolaborasi lebih baik lagi,” pungkasnya. (Bbs/wyd)