Ketahuilah, Saat kamu di gigit Ular, Untuk Penanganan Pertolongan Pertama

Ketahuilah, Saat kamu di gigit Ular, Untuk Penanganan Pertolongan Pertama
0 Komentar

Di Indonesia, ada banyak jenis ular berbisa, Di Pulau Jawa dan Sumatera saja ada 360 jenis ular yang 77 di antaranya adalah ular berbisa, Namun bagaimana pertolongan pertama saat di gigit ular berbisa.

Terakhir, pendiri sekaligus Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia meninggal dunia pada Selasa (14/2/2023) karena digigit king kobra saat mengisi sebuah acara basic training.

Jika seseorang tidak terbiasa dengan berbagai jenis ular, akan sulit untuk mengetahui bagaimana cara merespons jika terjadi gigitan.

Baca Juga:3 Ular Unik Namun Mematikan, memiliki Taring dan Warna yang Cantik, Salah satunya Ular Jenis ViperBerikut 3 Ular Mematikan di Dunia selain King Cobra, Cek Selengkapnya

Untuk mengidentifikasi gigitan ular berbisa, perhatikan gejala-gejala umum berikut ini. 

Umumnya gigitan ular berbisa meninggalkan bekas dua luka tusukan Bengkak dan kemerahan di sekitar luka Rasa sakit di lokasi gigitan.

Kesulitan bernapas Muntah dan mual Penglihatan kabur Berkeringat dan mengeluarkan air liur Mati rasa di wajah dan anggota tubuh Pertolongan pertama untuk gigitan ular berbisa Jika seseorang digigit ular berbisa, penting untuk segera mendapatkan perawatan darurat.

Jangan biarkan korban gigitan ular berjalan. Gendong atau angkut mereka dengan kendaraan untuk mendapat pertolongan medis. Jangan membunuh atau memegang ular. Ambil foto jika bisa, tetapi jangan buang waktu untuk memburunya.

Beberapa pertolongan pertama jika di gigit ular yang tidak membantu atau bahkan berbahaya.

Seperti: Jangan gunakan tourniquet. Jangan memotong gigitan ular. Jangan gunakan kompres dingin pada gigitan. Jangan berikan obat apa pun kecuali atas petunjuk dokter. Jangan mengangkat area gigitan di atas jantung korban. Jangan mencoba menyedot bisa melalui mulut. Jangan gunakan alat penyedot racun.

Alat ini sebelumnya direkomendasikan untuk mengeluarkan bisa ular, tetapi sekarang diyakini bahwa alat ini lebih banyak menimbulkan bahaya daripada manfaat. Perawatan untuk gigitan ular Hal yang paling penting untuk dilakukan setelah gigitan ular terjadi adalah dengan mendapatkan bantuan medis sesegera mungkin.

0 Komentar