Benarkah Makan Kacang Bisa Bikin Jerawat? Cek Faktanya!

(Pixabay/Kjerstin_Michaela)
Benarkah Makan Kacang Bikin Jerawat? (Pixabay/Kjerstin_Michaela)
0 Komentar

Keterkaitan antara kacang dan munculnya jerawat muncul karena adanya kandungan asam lemak esensial omega-6 dalam kacang yang cukup tinggi. Umumnya tubuh membutuhkan asam lemak esensial omega-3 dan omega-6 dengan rasio 1:3.

Sebuah penelitian dalam jurnal Biomedicine & Pharmacotherapy menyatakan bahwa kacang yang umumnya dikonsumsi seringkali memiliki perbandingan yang tidak ideal antara omega-3 dan omega-6, yaitu 1:17.

Masalahnya adalah asam lemak omega-6 merupakan jenis nutrisi yang dapat meningkatkan risiko peradangan dalam tubuh, terutama jika seseorang mengonsumsinya secara berlebihan.

Baca Juga:Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 61 Dibuka, Begini Cara daftarnya!Wajib Disimak! Ini Perbedaan PNS dan PPPK dalam Seleksi CASN 2023

Sementara itu, beberapa penelitian telah mengkonfirmasi bahwa asam lemak omega-3 adalah sumber nutrisi anti-peradangan. Ketika seseorang mengonsumsinya dalam jumlah yang memadai, asam lemak omega-3 bahkan dapat mencegah timbulnya jerawat.

Karenanya, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa makan kacang bisa bikin jerawat. Namun jika kamu memiliki alergi, mengonsumsi kacang dapat memicu munculnya jerawat.** (Putri)

0 Komentar