Waspadai Iritasi dan Infeksi Pada Mata! Berikut 5 Cara Mengatasi Mata Merah dan Cara Mencegahnya

Waspadai Iritasi dan Infeksi Pada Mata! Berikut 5 Cara Mengatasi Mata Merah dan Cara Mencegahnya
0 Komentar

KBEONLINE.ID- Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga siapapun yang mengalami perlu mendapatkan penanganan sesegera mungkin, saat mata merah karena disebabkan oleh iritasi dan infeksi pada mata merah, Berikut cara mengatasi dan mencegahnya, simak penjelasannya.

Ada beragam cara mengatasi mata merah yang dapat Anda coba lakukan, mulai dari cara alami hingga penggunaan obat-obatan. Meski umum terjadi, kondisi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas penderitanya. Oleh karena itu, diperlukan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Mata merah paling sering disebabkan oleh iritasi dan infeksi pada mata. Namun, beberapa hal juga bisa menyebabkan mata merah, seperti perdarahan atau pelebaran pembuluh darah mata, kelopak mata bengkak, mata kering, reaksi alergi, hingga cedera mata.

Berbagai Cara Mengatasi Mata Merah

Baca Juga:Kerja Depan Leptop! Berikut Cara Tepat Merawat Mata Selama Bekerja, Ketahuilah Dampak Penggunaan Gadget yang LamaContoh Tema Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW: Cocok Acara yang Islami, Kekinian dan penuh Motivasi

Cara mengatasi mata merah bervariasi, tergantung penyebab yang mendasarinya. Namun, untuk meredakan gejala mata merah yang tergolong ringan, Anda bisa menerapkan perawatan berikut ini:

Gunakan pelembap udara

Penggunaan AC di dalam ruangan tertutup bisa membuat udara menjadi kering, sehingga memicu terjadinya mata merah. Untuk mengatasi keluhan mata merah akibat hal ini, Anda dianjurkan untuk menggunakan pelembap udara atau humidifier.

Selain bisa melembapkan udara, alat ini juga dapat membersihkan udara dari debu dan kotoran sehingga mata berisiko lebih rendah terpapar debu penyebab iritasi atau alergi.

Berikan kompres dingin

Apabila mata merah tidak hilang setelah diberi kompres air hangat, Anda dapat mencoba cara lain, yaitu mengompres mata dengan kompres dingin. Kompres dingin biasanya lebih efektif untuk mengatasi mata merah, mata bengkak, dan gatal karena iritasi atau alergi.

Gunakan kompres hangat

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mata merah adalah dengan mengompres mata. Kamu bisa menggunakan kombinasi dari air dingin dan hangat untuk membuat mata terasa lebih baik.

Caranya cukup mudah. Rendam handuk di dalam baskom berisi air hangat dan peras, lalu letakkan ke mata yang merah selama 10–15 menit. Cara ini dapat meningkatkan aliran darah di sekitar mata dan mengatasi iritasi pada mata. Dengan begitu, keluhan mata merah bisa mereda.

0 Komentar