Kegiatan Saat Perayaan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Apa Saja Acaranya

Kegiatan Saat Perayaan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Apa Saja Acaranya
0 Komentar

Perayaan Maulid Nabi 2031 jatuh pada tanggal 28 September 2023. Di Tanah Air ada beberapa tradisi kegiatan unik yang dilakukan masyarakat untuk merayakan kelahian Nabi Muhammad.

Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Sebagian besar umat Islam di seluruh dunia memperingati hari Maulid Nabi.

Di Indonesia, perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dilakukan dengan beragam cara. Peringatan yang dilakukan oleh umat muslim pada umumnya adalah pengajian yang digelar di masjid, mushola, hingga gedung pertemuan. Secara substandi, penyelenggaraan peringatan Maulid Nabi Muhammad merupakan upaya penghormatan yang dilakukan umat Islam kepada Nabinya.

Baca Juga:Umat Muslim Untuk Memperingati Kelahiran Nabi Muhammad SAW, Sejarah Singkat Maulid Nabi15 Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Kesehatan Tubuh yang Baik

Peringatan ini bertujuan untuk mempelajari kembali perjalanan hidup Baginda Rasulullah SAW dan semangat Beliau dalam menyebarkan ajaran Islam untuk seluruh umat manusia dan mewariskan pemerintahan tunggal Islam. Sehingga dari sosok mulia ini, kita menemukan teladan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kecintaan kepada Nabi Muhammad turut dipertebal dengan selalu menempatkan Allah dan Rasul-Nya di atas kecintaan terhadap makhluk, serta senantiasa tunduk pada perintah dan menjauhi larangan Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW dilahirkan pada 12 Rabiul Awal di Tahun Gajah (570 M). Pada tahun yang sama, di Mekkah juga terjadi penyerangan Kakbah oleh Raja Abrahah dari Yaman. Namun, mereka dikalahkan Allah melalui serangan burung ababil dan peristiwa tersebut diabadikan di surah Al-Fiil.

Seluruh umat Islam menunjukkan antusiasme untuk turut merayakan hari lahir manusia terbaik Nabi Muhammad SAW tersebut.

Begitu pula di sekolah-sekolah, berbagai kegiatan dilakukan khususnya untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Contoh Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Berikut ini adalah 12 contoh kegiatan yang biasa dilakukan untuk memperingati maulid nabi di sekolah.

1. Membaca Salawat bersama guru, siswa, dan karyawan dalam satu ruangan atau di lapangan sekolah. Ini merupakan inti dari diadakannya peringatan Maulid Nabi Muhammad. Meski ada banyak kegiatan yang dilakukan, sejatinya bersalawat merupakan kalimat puja-puji kepada Rasulullah.

0 Komentar