Kerja Depan Leptop! Berikut Cara Tepat Merawat Mata Selama Bekerja, Ketahuilah Dampak Penggunaan Gadget yang Lama

Kerja Depan Leptop! Berikut Cara Tepat Merawat Mata Selama Bekerja, Ketahuilah Dampak Penggunaan Gadget yang Lama
0 Komentar

Blokir Blue Light

Cahaya biru sebenarnya ada di mana-mana, bahkan di dalam sinar matahari sekalipun. Namun, layar komputer dan ponsel mengandung jumlah konsentrasi cahaya biru yang signifikan yang sulit untuk disaring mata.

Terpapar cahaya biru terlalu lama bisa menyebabkan kelelahan mata, sakit kepala, dan memengaruhi kualitas tidur kamu secara negatif. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk menggunakan kacamata penangkal blue light saat melihat layar atau memasang filter cahaya biru yang sekarang menjadi standar pada sebagian besar komputer dan smartphone.

Jaga Postur Tubuh yang Baik

Tahukah kamu bahwa postur tubuh kamu saat bekerja bisa memengaruhi kesehatan mata. Jadi, menjaga posisi duduk yang tepat saat bekerja adalah langkah awal untuk mencegah ketegangan mata.

Baca Juga:Contoh Tema Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW: Cocok Acara yang Islami, Kekinian dan penuh MotivasiKegiatan Saat Perayaan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Apa Saja Acaranya

Saat duduk di depan komputer atau laptop, pastikan kaki kamu rata di atas lantai dan angkat pergelangan tangan kamu sedikit lebih tinggi daripada bertumpu pada keyboard. Layar laptop harus diposisikan tepat di bawah garis pandang alami kamu.

Perbesar Ukuran Front

Bila kamu sering menyipitkan mata untuk mencoba membaca teks di layar komputer kamu, sebaiknya perbesar ukuran font teksnya. Hal ini bisa mengurangi tekanan pada mata dan mencegah ketegangan yang tidak perlu.

Lebih Sering Berkedip

Berkedip biasanya adalah tindakan refleks yang tidak disadari. Namun, ketika kamu bekerja di depan komputer sepanjang hari, usahakanlah untuk lebih banyak berkedip secara sadar. Dengan begitu, kamu bisa memberi kelembapan pada mata yang penting untuk kesehatannya.

Sering Beristirahat

Selama satu hari bekerja, sering-seringlah mengambil waktu untuk istirahat. Para ahli merekomendasikan aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit alihkanlah fokus pandangan kamu ke sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. Bila memungkinkan, tinggalkanlah komputer sejenak untuk mengambil segelas air atau pergi ke luar selama beberapa menit.

Atur Pencahayaan Ruangan

Walaupun gadget kamu sudah memiliki cahaya latar, tetapi pencahayaan ruangan yang tepat tetap penting. Bila cahaya di kamar kamu bekerja terlalu terang atau terlalu gelap, hal itu bisa menyebabkan peningkatan ketegangan mata dan sakit kepala. Cahaya dari gadget kamu juga harus cukup terang, tetapi jangan sampai terlalu terang agar tidak silau.

0 Komentar