Boleh Memberikan Bakso Pada Bayi Namun Perlu Hal Yang diPerhatikan, Agar Tetap Aman Dan Baik Di Konsumsi

Boleh Memberikan Bakso Pada Bayi Namun Perlu Hal Yang diPerhatikan, Agar Tetap Aman Dan Baik Di Konsumsi
A yummy meal for a boy
0 Komentar

Namun kapan bayi boleh mengonsumsi bakso? Ikuti ulasan tips pemberian bakso yang aman berikut ini

Bakso adalah makanan berbentuk bola kecil bertekstur lembut yang terbuat dari daging cincang. Terkadang, bakso juga mengandung bahan-bahan lain seperti telur, keju, dan sayuran.

Karena daging adalah bahan utama bakso, bayi bisa mendapatkan nutrisi penting, seperti protein dan zat besi heme dari konsumsi bakso.

Baca Juga:Hati-hati Untuk Memberi Anak Bakso, Cara Membedakan Bakso Sapi Asli dan Bakso Sapi PalsuKuliner Bakso Memang Enak Dan Gurih Namun Berbahaya Jika Di Konsumsi Sering Dapat Penyakit Yang Komplikasi

Selain itu, bakso mudah dipegang, jadi cocok untuk bayi yang sedang dalam tahap belajar makan mandiri.

Menurut Dr. David Shafran, seorang dokter anak di Klinik Cleveland dan kepala Pediatrik di K Health, mengatakan, “Bakso, meskipun lunak jika dimasak dengan baik, pada awalnya dapat menimbulkan bahaya tersedak dan tidak boleh diperkenalkan sampai keterampilan mengunyah yang lebih baik telah berkembang.”

Bakso sebaiknya diberikan ketika bayi berusia sembilan bulan. Pastikan untuk memotong bakso menjadi potongan-potongan yang lebih kecil.

Namun, konsultasikan dengan dokter anak jika Mama ingin memberi makan bakso kepada bayi sebelum usia sembilan bulan. Setelah disetujui oleh dokter anak, Mama dapat menyajikan bakso terlebih dahulu dalam bentuk pure atau tumbuk.

Kemudian, saat bayi tumbuh dan mulai dapat memegang dan memakan makanannya sendiri, Mama dapat memberi mereka makan bakso utuh. Saat menyajikan bakso untuk bayi, hindari menggunakan daging yang diawetkan (daging deli) karena memiliki kandungan lemak, natrium, dan nitrat yang tinggi.

Selain itu, jika tidak dimasak dengan baik, daging ini meningkatkan risiko infeksi listeria (listeriosis). Karena itu, hindari memberi makan daging olahan untuk bayi.

Kandungan Nutrisi Dalam Bakso

Berdasarkan jenis daging dan bumbunya, ada berbagai jenis bakso. Daging sapi, sapi muda, domba, ayam, kambing, kalkun, dan ikan adalah beberapa daging yang bisa Mama gunakan untuk membuat bakso.

Baca Juga:Makanan Populer Bakso Hingga Sekarang, Bagaimana Terbentuknya Bakso, Ternyata Masa Tiongkok yang Terinspirasi Dari MociSetengah Kebutuhan Kalori Dalam Sehari, Sama Dengan Mengkonsumsi 1 Porsi Bakso Lengkap

Meskipun jenis bakso yang berbeda akan memiliki profil nutrisi yang sedikit berbeda, rata-rata bakso merupakan sumber protein yang baik, zat besi heme, vitamin B3, B6, B9, B12, dan mineral penting, seperti seng dan selenium.

0 Komentar