Fase Pertumbuhan Gigi Bayi Usia 5 Bulan Hingga Usia 9–16 Bulan, Tips Merawat Gigi Bayi Agar Tetap Sehat

Fase Pertumbuhan Gigi Bayi Usia 5 Bulan Hingga Usia 9–16 Bulan, Tips Merawat Gigi Bayi Agar Tetap Sehat
0 Komentar

Namun, sebagian besar bayi mungkin akan mengalami pertumbuhan dua gigi seri depan di rahang atasnya pada usia 8–12 bulan. Pada usia tersebut, orang tua sudah dapat memberikan makanan yang bertekstur lebih padat untuk si kecil guna melatih kemampuan untuk mengunyah makanan.

  1. Usia 9–16 Bulan

Fase pertumbuhan gigi bayi selanjutnya dimulai pada usia 9–16 bulan. Pada fase ini, dua gigi seri samping (pada rahang atas dan bawah) yang mengapit sepasang gigi seri depan akan mulai tumbuh. Pada fase ini, terutama saat usia bayi menjelang 12 bulan, merupakan waktu yang tepat untuk melakukan kontrol pertama ke dokter gigi.

Tips Perawatan Gigi Bayi dan Anak-Anak

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi pada bayi dan anak-anak, di antaranya adalah:

Baca Juga:WASPADA Kesemutan Pada Anak Bisa Jadi Efek Penyakit Diabetes, Perhatikan Tanda-Tanda GejalanyaLakukan Pergerakan Ini Secara Perlahan Agar Mengatasi Kesemutan Bagian Tangan Dan Kaki

Bersihkan gigi dan gusi bayi menggunakan kain kasa steril minimal 2–3 kali sehari.

Gunakan sikat gigi yang tepat. Pilihlah sikat gigi bayi yang memiliki kepala sikat berukuran kecil, bulu sikat lembut, dan pegangan yang besar.

Hindari memberikan empeng atau dot bayi pada saat bayi tidur. Sebab, hal ini berisiko memicu pertumbuhan bakteri di dalam mulut bayi yang bisa menyebabkan gigi berlubang (karies gigi).

Berikan air mineral secara rutin untuk membantu membersihkan sisa-sisa makanan pada rongga mulut si kecil.

Bersihkan dot bayi secara rutin.

Rutin kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gigi si kecil.

Laman:

1 2
0 Komentar