Jika Terjadi Kesemutan, Harus Melakukan Hal ini Agar Cepat Hilang, Jangan Hanya Dibiarkan Saja

Jika Terjadi Kesemutan, Harus Melakukan Hal ini Agar Cepat Hilang, Jangan Hanya Dibiarkan Saja
0 Komentar

Gunakan kaos kaki khusus

Kesemutan di kaki merupakan salah satu gejala neuropati diabetik yang paling sering muncul. Neuropati diabetik sendiri adalah kerusakan saraf akibat penyakit diabetes.

Salah satu cara mengatasi kaki kesemutan yang disebabkan oleh kondisi ini adalah dengan menggunakan kaos kaki yang dirancang khusus untuk meningkatkan sirkulasi darah di bagian kaki.

Kaos kaki yang biasanya digunakan oleh penderita diabetes ini terbuat dari bahan yang halus, elastis, dan antilembap. Dengan begitu, rasa sakit maupun kesemutan yang terkait dengan neuropati diabetik dapat diatasi.

Konsumsi suplemen vitamin B12

Baca Juga:Kaki Sering Kesemutan yang Lama Saat Duduk? Apa Penyebabnya, Apakah Berbahaya Jika DibiarkanJangan Bingung Cari Bakso Yang Enak, Cobain Tempat Makan Bakso Yang Hits Terkenal Di Karawang Enak Gurih

Untuk menjaga fungsi dan kesehatan saraf, tubuh membutuhkan sejumlah vitamin, termasuk vitamin B12. Jika tubuh kekurangan vitamin tersebut, Anda pun lebih rentan mengalami neuropati perifer atau gangguan saraf tepi. Salah satu gejala penyakit ini adalah kaki kesemutan.

Oleh karena itu, jika penyebab kaki kesemutan yang dialami adalah karena kekurangan vitamin B12, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin B12 sebagai obat kesemutan. Namun, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk mengetahui dosis vitamin B12 yang sesuai dengan kondisi Anda.

Terapi fisik

Apabila kesemutan di kaki terjadi secara berulang dan berkepanjangan, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter saraf. Dengan begitu, dokter dapat menemukan penyebab kesemutan yang Anda alami dan memberikan penanganan yang sesuai, termasuk peresepan obat maupun terapi fisik. Terapi dilakukan untuk membantu menambah kekuatan otot di sekitar saraf yang mengalami gangguan.

Pada kondisi tertentu, seperti kesemutan yang disebabkan oleh saraf kejepit atau tumor, dokter juga bisa melakukan operasi sebagai cara mengatasi kaki kesemutan.

Laman:

1 2
0 Komentar