Kenapa Kesemutan Kaki Sebelah Kanan, Lalu Pindah Ke Kaki Kiri, dan Sering Kesemutan Sebelah, Maka Perbaiki Gaya Hidup Sehat

Kenapa Kesemutan Kaki Sebelah Kanan, Lalu Pindah Ke Kaki Kiri, dan Sering Kesemutan Sebelah, Maka Perbaiki Gaya Hidup Sehat
0 Komentar

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya kesemutan pada kaki, mulai dari Anda berdiam dalam satu posisi terlalu lama, bisa juga bangun dari duduk bersila, terlalu lama berdiri atau sedang menonton televisi, tangan tertindih saat tidur, atau akibat dari pemakaian sepatu yang sempit atau kekecilan.

Kadang selain kesemutan, saat menyentuh kaki, Anda tidak dapat merasakannya dan bahkan merasakan seperti ada jarum yang menusuk dari dalam, atau seperti ada semut yang merayap pada kaki. Inilah yang disebut dengan parestesia (paresthesia).

Penyebab paling sering adalah terhambatnya aliran (impuls) saraf sementara, misalnya melipat kaki dalam waktu yang lama ataupun ketika tidur dengan posisi tangan menopang kepala.

Baca Juga:Jika Terjadi Kesemutan, Harus Melakukan Hal ini Agar Cepat Hilang, Jangan Hanya Dibiarkan SajaKaki Sering Kesemutan yang Lama Saat Duduk? Apa Penyebabnya, Apakah Berbahaya Jika Dibiarkan

Kesemutan akan berangsur hilang saat bagian tubuh yang kesemutan Anda gerakkan. Adanya tekanan atau sirkulasi yang terganggu sementara inilah yang dapat menyebabkan kesemutan atau parestesia.

Sering juga parestesia ini disertai dengan sensasi seperti ada jarum yang menusuk-nusuk.

Kesemutan Kaki Sebelah

Bergantung lamanya, terbagi menjadi:

1.Sementara

Karena sementara, kesemutan ini bisa mereda dengan sendirinya jika Anda membebaskan area yang kesemutan dari tekanan, seperti menggerakkan atau meluruskan kaki setelah duduk bersila. Dengan begitu aliran darah akan kembali lancar dan kesemutan pun hilang.

Penyebab lain adalah penyakit Raynaud yang dapat memengaruhi pasokan darah ke area tertentu, seperti jari tangan dan kaki. Penyakit ini khususnya menyerang saat stres, gelisah, atau berada dalam ruangan dingin.

2.Berkepanjangan

Kondisi berkepanjangan kemungkinan berkaitan dengan kondisi medis tertentu, misalnya adanya gangguan ginjal, gangguan pada hati, stroke, tumor otak, kanker, multiple sclerosis, CTS.

Selain itu, ada obat-obatan tertentu yang bisa memicu kesemutan, misalnya kemoterapi atau obat kanker tertentu, antikejang, antibiotik, dan obat untuk penyakit HIV/AIDS.

Paparan zat beracun, dan gangguan gizi akibat pola makan yang buruk, serta defisiensi vitamin B12 juga dapat menjadi salah satu jawaban dari pertanyaan kenapa kaki sering kesemutan sebelah.

0 Komentar