Untuk Ibu Jangan Turuti Keinginan Anak Terlalu Sering Makan Permen! Tips Untuk Mencegah Agar Tak Berlebihan, Ubah Kebiasaannya 

Untuk Ibu Jangan Turuti Keinginan Anak Terlalu Sering Makan Permen! Tips Untuk Mencegah Agar Tak Berlebihan, Ubah Kebiasaannya 
0 Komentar

Untuk mencegah anakagar ia tidak makan permen camilan ini secara berlebihan, cobalah terapkan tips-tips berikut ini.

Makanan yang rasanya manis memang disukai oleh anak-anak, termasuk permen dan cokelat. Bahkan, sering kita lihat anak balita mengemut permen. Namun, kapan sebaiknya anak boleh menikmati camilan yang satu ini?

Lalu apa saja bahayanya jika anak makan permen? Yuk, cari tahu penjelasannya dari sisi kesehatan melalui artikel berikut ini!

Baca Juga:Ketahuilah Resiko Jika Anak Banyak Mengkonsumsi Permen, Berdampak Pada Kesehatan Gigi dan Resiko Penyakit Usia DiniWaspada! Jangan Kasih Simbarangan Anak Permen! Kenali Batas Usinya Kapan Boleh Makan Pemanis Buatan

Mengutip penjelasan pada laman Cleveland Clinic, anak usia di bawah 2 tahun sebaiknya tidak diberikan makanan yang mengandung gula tambahan.

Anak usia di bawah 2 tahun sebaiknya hanya menyantap rasa manis asli dari makanan tanpa ditambahkan pemanis apapun.

Sebagai contoh, Anda bisa memberikannya buah pepaya, mangga, stroberi, dan sebagainya.

Namun, bila Anda membiarkannya menikmati makanan tersebut sesuka hati dan berlebihan, ada bahaya makanan manis yang terlalu banyak bagi anak.

Anak dapat berisiko mengalami masalah-masalah berikut bila terlalu banyak makan permen.

Mengutip situs Action on Sugar, gula yang terdapat pada makanan dapat berinteraksi dengan bakteri di dalam mulut sehingga membentuk zat asam.

Bila anak makan permen berlebihan, zat asam yang terbentuk akan semakin banyak.

Zat tersebut dapat mengikis lapisan enamel gigi secara perlahan-lahan.

Akibatnya, gigi anak menjadi hitam dan berlubang.

Baca Juga:Daftar Para Pemain Film Ballerina, Dibintangi Aktris Korea Selatan, Jeon Jong Seo: Serta SinopsisnyaProyek Baru Jeon Jong Seo dan Kim Ji Hoon yang Bakal Tayang di Netflix Film Ballerina 

Apalagi struktur gigi anak masih berupa gigi susu yang tidak sekuat gigi orang dewasa.

Berikut Tips Cara Mencegah Anak Untuk Tidak Berlebihan Mengkonsumsi Permen:

Berikan alternatif camilan yang lebih bergizi

Wajar bila anak-anak suka makan snack, terutama di sela-sela jam makan yang utama.

Biasanya, snack diberikan saat pagi dan sore.

Cobalah menyediakan snack yang lebih sehat sebagai pengganti permen, seperti keripik sayuran yang rasanya tawar, kue tanpa gula, dan buah-buahan.

Bila memungkinkan, Anda bisa membuat permen sendiri dengan menggunakan pemanis alami seperti kurma, mangga, melon, atau buah-buahan manis lainnya.

Perhatikan jenis permen yang Anda berikan

0 Komentar