Ibu Hamil Harus Tahu! Cara Mengatasi Stres Selama Kehamilan

(Pixabay/StockSnap)
Ibu Hamil Harus Tahu! Cara Mengatasi Stres Selama Kehamilan (Pixabay/StockSnap)
0 Komentar

Saat menjalani masa kehamilan, berbagai perubahan yang terjadi di dalam tubuh seringkali memicu stres pada ibu hamil. Walaupun reaksi ini adalah hal yang umum terjadi, sangat penting bagi calon ibu untuk memahami cara mengelola mengatasi stres selama kehamilan. Tentunya ini demi menjaga kesehatan sang Ibu dan kesejahteraan janin yang Ia kandung.

Stres pada masa kehamilan dapat timbul akibat berbagai faktor. Faktor tersebut seperti perubahan hormon yang intens, ketidaknyamanan fisik yang terkait dengan proses kehamilan, serta kekhawatiran mengenai persalinan yang akan datang.

Ketika stres mulai menghampiri, ibu hamil mungkin merasa kesulitan dalam mengendalikan gejolak emosional mereka.

Baca Juga:Terapkan Mindfulness dalam Keseharian agar Lebih FokusTips dan Cara Bersihkan Sepatu Kanvas agar Tampak Baru

Penting untuk Moms ketahui bahwa jika stres tidak dikelola dengan baik, ini bisa berpotensi meningkatkan risiko terhadap kondisi medis. Misalnya seperti preeklampsia, keguguran, kelahiran prematur, dan bahkan menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Dalam situasi stres yang berlebihan, ibu hamil juga mungkin lebih rentan mengalami keluhan fisik, seperti mual, sariawan, dan hilangnya nafsu makan.

Oleh karena itu, menjaga keseimbangan emosional selama kehamilan sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan ibu dan bayi.

Terkadang ibu hamil tidak sadar bahwa Ia sedang mengalami stres. Untuk itu perlu mengetahui ciri-ciri stres pada ibu hamil.

Ciri-ciri stres saat kehamilan

Ibu hamil menjadi emosional atau sensitif

Saat hamil, perubahan hormon dapat membuat perasaan ibu hamil lebih peka, sehingga ia mungkin menangis lebih mudah.

Meskipun ini adalah pengalaman yang umum, dukungan dari suami dan orang-orang terdekat sangat penting untuk membantu ibu hamil merasa lebih nyaman.

Perubahan dalam selera makan

Saat kehamilan berlangsung, nafsu makan biasanya meningkat. Jika tiba-tiba terjadi penurunan selera makan, itu bisa menjadi tanda bahwa ibu hamil mengalami stres.

Baca Juga:Rilis Lagu Baru, Jennie BLACKPINK Berkolaborasi dengan Kreator Sailor MoonNggak Perlu Repot, Tips Menghilangkan Bau Sepatu dengan Kertas Koran

Penting untuk mencari tahu penyebabnya, karena gizi yang cukup sangat penting bagi perkembangan janin. Jika selera makan ibu hamil terus menurun, segera konsultasikan dengan dokter.

Kurangnya perhatian pada kesehatan janin

Stres yang berlarut-larut dapat membuat ibu hamil tidak selalu memperhatikan kesehatan janin. Beberapa situasi yang dapat menyebabkan ini termasuk kehamilan yang tidak diinginkan atau masalah dalam hubungan pernikahan. Untuk mencegah risiko terhadap ibu dan janin, penting untuk mengatasi perasaan stres yang berlebihan ini.

0 Komentar