Meredakan Nyeri Haid Dalam Memperlancar Menstruasi dan Mengurangi Rasa Kram Perut Dengan Air Kunyit Alami Yang Ampuh

Meredakan Nyeri Haid Dalam Memperlancar Menstruasi dan Mengurangi Rasa Kram Perut Dengan Air Kunyit Alami Yang Ampuh
0 Komentar

Cara membuat minuman kunyit untuk melancarkan haid cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan ½ sendok teh (sdt) kunyit bubuk dengan susu dan madu. Konsumsi selama beberapa minggu untuk mengatur siklus menstruasi.

Akan tetapi, kemampuan kunyit untuk melancarkan haid sejauh ini ternyata belum terbukti secara ilmiah. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan aktivitas fitoestrogen dan sifat emmenagogue kunyit dalam mengatur siklus menstruasi.

Manfaat kunyit asam adalah meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah risiko kanker, menekan risiko komplikasi jantung, dan menurunkan berat badan.

Baca Juga:Cara Membuat Kunyit Untuk Asam Lambung Yang Gampang Dan Cepat MengatasinyaRadang Tenggorokan Solusinya Pakai Kunyit Secara Efektif Mengobati Peradangan

Khusus untuk perempuan, jamu kunyit asam juga mampu meredakan nyeri haid atau datang bulan.

Ketika haid tidak lancar, sebagian orang memilih menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasinya, termasuk kunyit. Bumbu masak ini dipercaya berkhasiat untuk berbagai gangguan menstruasi. Namun, sejauh mana efektivitas kunyit untuk melancarkan haid?

Wanita yang sedang haid biasanya mengalami gejala yang kurang nyaman, seperti kram perut, sakit punggung, kembung, hingga perubahan suasana hati.

Manfaat utama kunyit yang telah ditemukan para ilmuwan adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan, yang dapat membantu meredakan gejala-gejalanya.

Walaupun kemampuan kunyit untuk melancarkan menstruasi belum terbukti, terdapat beberapa manfaat kunyit untuk haid, yaitu:

Meredakan nyeri haid

Selanjutnya, manfaat kunyit untuk haid adalah meredakan nyeri yang mengganggu.

Kurkumin dalam kunyit dapat menghambat aktivitas enzim peradangan, mengurangi produksi prostaglandin (hormon yang berperan dalam rasa sakit), serta menghambat sel imun yang memicu peradangan.

Sifat antiradang tersebut disinyalir dapat membantu meringankan nyeri haid sehingga Anda bisa merasa lebih nyaman.

Mengurangi kram perut

Baca Juga:Seperti Apa Ngidam Yang Harus Dituruti Agar Tetap Sehat Dianjurkan Untuk Ibu HamilSaat Hamil Kekurangan Nutrisi Itu Penyebab Kenapa Ibu Hamil Ngidam Asem atau Buah-buahan, Beberapa Faktor Lainnya Saat Lagi Ngidam

Kram perut merupakan gejala yang umum terjadi selama atau sebelum menstruasi. Dalam Journal of the Medical Association of Thailand, sebuah penelitian dilakukan pada hewan untuk memahami efek antispasmodik yang dimiliki kunyit.

Hasil menunjukkan bahwa kandungan kurkuminoid dalam kunyit dapat membantu menghambat kontraksi dan mengendurkan otot polos usus ataupun rahim. Hal ini bermanfaat dalam mengurangi kram perut akibat menstruasi.

0 Komentar