Menghindari Penyakit Diabetes Dengan Pola Hidup Sehat, Jangan Mengkonsumsi Terlalu Sering Mengandung Gula Berlebihan, Berikut 10 Cara Yang Tepat Untuk Mencegah Diabetes di Usia Muda

Menghindari Penyakit Diabetes Dengan Pola Hidup Sehat, Jangan Mengkonsumsi Terlalu Sering Mengandung Gula Berlebihan, Berikut 10 Cara Yang Tepat Untuk Mencegah Diabetes di Usia Muda
0 Komentar

Menerapkan Pola Makan Sehat

Cara mencegah diabetes sejak dini juga harus disertai dengan penerapan pola makan yang sehat. Cobalah untuk mengurangi makanan cepat saji, bergula tinggi dan berlemak. Mulailah memilih makanan dengan kandungan nutrisi tinggi, seperti protein, serat dan vitamin.

Selain itu, perhatikan juga porsi makanan untuk mengurangi asupan kalori pada tubuh. Di mana kalori ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan, dan apabila berlebihan maka risiko diabetes semakin tinggi.

Rutin Berolahraga

Cara mencegah diabetes melalui rutin berolahraga dapat meningkatkan produksi insulin dan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin. Dengan begitu, kadar gula dalam darah akan terkontrol dengan baik, sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit diabetes.

Baca Juga:Ketahuilah Jika Anak Ada Tanda-Tanda Diabetes Tipe 1 Penyebab Keluarga, Genetika, dan VirusFakta atau Mitos! Cairan Usus Kecoak Yang Dihancurkan Dapat Menyebarkan Bakteri

Selain itu, olahraga juga membantu pembakaran kalori untuk menghasilkan energi serta menyimpan kelebihan glukosa menjadi cadangan energi dalam bentuk protein otot sebagai cadangan agar tidak menumpuk dalam darah.

Lakukan olahraga setidaknya 150 menit setiap minggu, terbagi menjadi 5 sesi atau hari, 30 menit per sesi.

Melakukan Pengecekan Gula Darah Secara Berkala

Pemeriksaan gula darah secara berkala diperlukan untuk melihat nilai kadar gula darah dalam tubuh. Dengan melakukan pengecekan rutin, Anda dapat memonitor kondisi kadar gula dan mendeteksi penyakit diabetes lebih dini.

Menghentikan Kebiasaan Merokok

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa penyakit diabetes tipe 2 banyak dialami oleh perokok. Jika seseorang aktif merokok,Ia memiliki risiko diabetes lebih tinggi sebesar 44% daripada yang bukan perokok.

Risiko tersebut dapat meningkat sebesar 61% apabila konsumsi rokok mencapai lebih dari 20 batang per hari. Jadi, jika Anda aktif merokok, maka cara mencegah diabetes paling ampuh adalah dengan menghentikan kebiasaan tersebut.

Nah, itu dia beberapa cara mencegah diabetes yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang. Terlebih jika Anda memiliki riwayat keturunan diabetes, maka upaya pencegahan harus dilakukan sejak awal.

Laman:

1 2
0 Komentar