Sejarah Jalan Soeroto Koento Karawang, Ternyata Nama Pejuang yang Ngehack Radio Jepang 

Sejarah Jalan Soeroto Koento Karawang
TUGU PAHLANAN di Karawang: Sejarah Jalan Soeroto Koento Karawang.
0 Komentar

KBEONLINE.ID- Berikut sejarah Jalan Soeroto Koento Karawang,  yang merupakan nama pejuang  yang ngehack Radio Jepang.

Diketahui berkat sumbangsihnya terhadap kemerdekaan RI, nama Soeroto Koento pun dijadikan nama jalan di Karawang. Jika mendatangi Karawang, kawasan itu cukup populer.

Lokasinya ada di Desa Warungbambu, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, di jalan tersebut juga berdiri beberapa perkantoran yang sentral.

Baca Juga:Penampakan HP Lipat OPPO Find N3 Flip 3 Kamera Belakang, Cek Keunggulan dan HarganyaAnjayyy…! Summarecon Bekasi Cetak Revenue Rp 230 M dalam Waktu Kurang dari 2 Jam

Selain kawasan pertokoan, di jalan tersebut juga terdapat Kantor PDAM Tirta Tarum, Mapolres Karawang, Lapas Kelas IA Karawang, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), dan Dinas Kependudukan dan Pencatatatan Sipil (Disdukcatpil), yang diakhiri dengan lampu merah Pos Polisi Peundeuy.

Lokasi itu jadi nama Jalan Soeroto Koento karena sejarahnya. Menurut Sukirman, saat itu Soeroto Koento yang diberi amanah untuk melakukan perundingan dengan pihak sekutu.

“Pemerintah Indonesia menunjuk Letnan Kolonel Soeroto Koento, Komandan Resimen Cikampek untuk mewakili Republik Indonesia, sedangkan Belanda menunjuk Panglima Divisi VII Mayor Jenderal Durst Britt, untuk menjalani perundingan,” kata dia.

Namun sebelum perundingan antara militer Indonesia dan sekutu terjadi, Soeroto Koento yang belum lama menggantikan Letnan Kolenel Moeffrani Moe’min, hilang bersama kepala stafnya Mayor Adel Sofjan, seorang pengawal, dan sopirnya.

“Malam itu hanya ditemukan kendaraannya saja, ditemukan di sisi jalan di Desa Warungbambu, kurang lebih 6 km di sebelah Timur Karawang, dalam keadaan kosong tanpa penumpang, pada tanggal 27 Nopember 1946,” ungkap Sukarman.

Tepat di titik hilangnya Letkol Soeroto Koento, dibangunlah tugu, untuk mengenang hilangnya salah satu pahlawan Indonesia tersebut. Tugu itu berbentuk 3 prajurit yang tengah menengadah keatas sembari mengacungkan senjata.

“Tugu itu dibangun tepat di titik hilangnya Letkol Soeroto Koento bersama staf dan pengawalnya, dulu tugu itu berbentuk monumen tiang berujung bintang, sekarang dirubah menjadi 3 prajurit yang tengah memegang senjata,” ungkapnya.

Baca Juga:SMPN 6 Karawang Gelar Pemilihan Ketua OSIS Layaknya PilpresBerpasangan dengan Gibran, Pengamat: Prabowo Mengalihkan Pertarungan ke Kandang Banteng Jawa Tengah

Sosok  Letkol Soeroto Koento  punya peranan penting dalam membantu kemerdekaan Republik Indonesia.

0 Komentar