Sejarah Jalan Soeroto Koento Karawang, Ternyata Nama Pejuang yang Ngehack Radio Jepang 

Sejarah Jalan Soeroto Koento Karawang
TUGU PAHLANAN di Karawang: Sejarah Jalan Soeroto Koento Karawang.
0 Komentar

Dalam literatur sejarah, tak banyak yang diceritakan soal sosok tersebut. Namun, sejarawan asal Karawang, Sukirman paham betul soal sosok yang satu ini.

Ia merupakan Komandan Resimen VI Cikampek Brigade III dari Divisi Siliwangi. Letkol Soeroto Koento kala itu mengemban amanah sebagai komandan resimen pada tahun 1946, ia mengemban tugas untuk menjalani perundingan dengan pihak sekutu.

Selain mengemban amanah tersebut, Soeroto Koento juga punya andil dalam peperangan saat Perang Dunia II. Dia sukses membobol pesawat radio milik Jepang.

Baca Juga:Penampakan HP Lipat OPPO Find N3 Flip 3 Kamera Belakang, Cek Keunggulan dan HarganyaAnjayyy…! Summarecon Bekasi Cetak Revenue Rp 230 M dalam Waktu Kurang dari 2 Jam

“Selama masa Perang Dunia II Soeroto Koento terlibat andil dalam peperangan, salah satunya dia membobol pesawat radio yang dikuasai Jepang,” ucap Sukarman saat ditemui di kediamannya, Desa Balongsari, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang, belum lama ini.

Sang pembobol atau yang sekarang lebih dikenal dengan hacker pesawat radio di wilayah kependudukan Jepang kala itu menjadi salah satu instrumen penting perlawanan tentara Republik terhadap penjajah.

“Kala itu Soeroto Koento dan Soebianto Djojohadikoesoemo, mahasiswa Sekolah Kedokteran atau Ikadaigaku berhasil membongkar segel radio itu, dari hasil pembongkaran radio itu, mereka dapat mengikuti perkembangan Perang Dunia II melalui siaran radio Sekutu,” kata dia.

Soeroto Koento dan Soebianto yang memperoleh informasi menyerahnya Jepang kepada Sekutu, kemudian segera menghubungi rekannya di Markas Pusat Pembela Tanah Air (PETA) di Asrama Budi Kemuliaan Jakarta.

“Berbekal informasi dari Soeroto Koento, perwira PETA kemudian menemui Dan Yon PETA Abdoel Kadir, untuk merundingkan langkah yang harus diambil setelah menyerahnya Jepang,” ungkapnya.

Setelah perundingan, itu Dan Ton PETA Daan Jahja dan Soebianto Djojohadikoesoemo segera mendatangi Bung Hatta, dengan maksud memohon agar Bung Hatta bersama Bung Karno segera memproklamasikan kemerdekaan.

“Jadi berkat informasi Soeroto Koento ini kemudian Indonesia bisa memproklamasikan kemerdekaan atas kekuasaan sendiri, tanpa campur tangan pihak manapun,” ucap Sukarman.

0 Komentar