Bukan Cuma Kopi, 6 Minuman Ini Juga Tinggi Kafein

Bukan Cuma Kopi, 6 Minuman Ini Juga Tinggi Kafein
0 Komentar

Bagi Kamu yang menjalani rutinitas sibuk di pagi hari, salah satu bagian yang mungkin sangat penting adalah menikmati secangkir minuman kafein, seperti kopi. Namun, penting untuk diingat bahwa kafein tidak hanya terdapat dalam kopi. Kafein adalah stimulan yang relatif aman bagi sebagian besar orang jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Advances in Nutrition, kopi, yang mengandung kafein dalam jumlah yang cukup tinggi, sering digunakan untuk meningkatkan konsentrasi dan tingkat kewaspadaan. Kafein bekerja dengan merangsang sistem saraf pusat. Selain itu, kafein dalam kopi juga memiliki potensi dalam pengobatan seperti meredakan sakit kepala, asma, dan nyeri.

Bagi mereka yang mungkin bukan penggemar kopi tetapi membutuhkan efek stimulan dari kafein, ada beberapa minuman lain yang mengandung kafein yang dapat dicoba!

Baca Juga:Begini Cara Memilih Produk kafein yang Tinggi Serat Ketimbang KopiDibuang Sayang! Ini 4 Manfaat Ampas Kopi Untuk Menyuburkan Tanaman

Minuman yang Mengandung Kafein

Berikut adalah beberapa jenis minuman yang mengandung kafein tinggi yang juga bisa menjadi alternatif:

1. Teh

Teh, selain kopi, juga mengandung kafein. Oleh karena itu, beberapa orang yang tidak begitu suka dengan kopi mungkin memilih teh sebagai minuman alternatif yang dapat memberikan stimulasi dan meningkatkan fokus. Tingkat kafein dalam 237 mL berbagai jenis teh adalah berbeda, sebagai contoh:

  • Teh hitam yang diseduh mengandung sekitar 47 mg kafein.
  • Teh hitam tanpa kafein yang diseduh tetap mengandung sekitar 2 mg kafein.
  • Teh hijau yang diseduh mengandung sekitar 28 mg kafein.
  • Teh siap minum dalam botol mengandung sekitar 19 mg kafein.

2. Cokelat Panas

Kandungan kafein dalam minuman cokelat panas bervariasi tergantung merek dan persiapan. Sebagai contoh, satu porsi cokelat panas berukuran 16 ons di Starbucks mengandung sekitar 25 mg kafein. Di Dunkin’ Donuts, ukuran yang sama hanya memiliki 6 mg kafein. Namun, jika Moms membuatnya sendiri di rumah, merek seperti Nestle mengklaim bahwa cokelat panas mereka hampir tidak mengandung kafein.

3. Kombucha

Kombucha adalah teh hijau atau teh hitam yang telah difermentasi. Proses pembuatan kombucha melibatkan penambahan bakteri, ragi, dan gula ke teh hijau atau teh hitam, dan kemudian membiarkan mereka difermentasi selama satu minggu atau lebih.

0 Komentar