Ibu, Begini lho Cara Menjaga Kesehatan Rambut Anak

Ibu, Begini lho Cara Menjaga Kesehatan Rambut Anak (Pixabay/RitaE)
Ibu, Begini lho Cara Menjaga Kesehatan Rambut Anak (Pixabay/RitaE)
0 Komentar

KBEONLINE.ID- Anak-anak biasanya sangat senang bermain air, tetapi itu tidak berarti mereka selalu menyukai saat mandi atau keramas, terutama oleh ibu. Ada banyak alasan mengapa balita mungkin tidak senang dengan proses keramas, termasuk takut air.

Atau pengalaman sebelumnya yang tidak nyaman seperti sampo masuk ke mata atau mulut mereka. Bisa juga karena mereka hanya merasa tidak nyaman di dalam kamar mandi dan terbatasi gerakannya. Tapi ibu tidak perlu khawatir, karena terdapat panduan cara menjaga kesehatan rambut anak yang bisa ibu ikuti.

Rambut terdiri dari protein yang disebut keratin. Penting untuk Ibu ingat bahwa perawatan rambut anak tidak sama dengan perawatan rambut orang dewasa.

Baca Juga:Mitos Atau Fakta, Minyak Zaitun Dapat Menghilangkan Uban? Cek di Sini!Manfaat Kayu Manis Turunkan Kolesterol dan Darah Tinggi

Setiap anak memiliki jenis rambut yang berbeda, seperti lurus, keriting, ikal, berminyak, kering, tipis, atau tebal, dan setiap jenis rambut memerlukan perawatan yang berbeda pula.

Pastikan Ibu mencuci kulit kepala Si Kecil secara teratur. Selain untuk merawat rambutnya, keramas pada bayi juga membantu mengatasi masalah kerak di kepala yang biasa disebut cradle cap.

Seringkali, Ibu tergoda untuk selalu mencuci rambut anak setiap kali mandi. Padahal, terlalu sering mencuci rambut anak dapat membuat kulit kepala menjadi kering. Sampo tidak hanya mengangkat kotoran dari rambut, tetapi juga menghilangkan minyak alami di kulit kepala.

Oleh karena itu, terlalu sering keramas dapat membuat rambut kering dan rentan terhadap kerusakan.

Berikut beberapa tips tentang keramas untuk anak yang perlu Ibu ketahui:

Untuk bayi

Jika Si Kecil masih bayi, ada beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan tentang keramas. Gunakan sampo yang dirancang khusus untuk bayi, pastikan tidak pedas jika terkena mata, dan ringan untuk kulit kepala yang cenderung sensitif. Pilih sampo dengan pH sekitar 4,5 hingga 6, karena sampo dengan pH lebih tinggi dapat membuat rambut bayi lebih kusut.

0 Komentar