Ibu, Begini lho Cara Menjaga Kesehatan Rambut Anak

Ibu, Begini lho Cara Menjaga Kesehatan Rambut Anak (Pixabay/RitaE)
Ibu, Begini lho Cara Menjaga Kesehatan Rambut Anak (Pixabay/RitaE)
0 Komentar

Bayi yang baru lahir hanya perlu dicuci rambutnya dengan sampo sekali seminggu, sementara bayi yang lebih besar dapat keramas setiap dua hari sekali.

Untuk balita

Jika Si Kecil sudah balita, mungkin Ibu akan menghadapi tantangan untuk keramas. Pada usia ini, anak mungkin sulit diajak keramas. Ibu tidak perlu mencuci rambutnya setiap kali mandi; mencuci rambutnya seminggu sekali sudah cukup.

Apabila anak sudah bisa berbicara, ajak dia bicara tentang mengapa dia tidak suka keramas dan temukan solusinya bersama. Ajak Si Kecil membawa mainannya saat mandi untuk membuat proses keramas lebih menyenangkan.

Baca Juga:Mitos Atau Fakta, Minyak Zaitun Dapat Menghilangkan Uban? Cek di Sini!Manfaat Kayu Manis Turunkan Kolesterol dan Darah Tinggi

Beberapa produk perawatan untuk rambut anak mencakup hair oil, sampo khusus anak, dan pelembap rambut atau kondisioner. Selain menggunakan produk tersebut, beberapa nutrisi yang penting untuk rambut Si Kecil di antaranya zat besi dan zinc, vitamin A, D, dan E, pro-vitamin B5, protein, biotin, dan omega 3.

Kesehatan kulit kepala tentunya juga perlu Ibu perhatikan. Beberapa sumber nutrisi alami berikut, kerap digunakan untuk membantu kesehatan kulit kepala:

Minyak Kelapa

Diyakini dapat membantu mempertahankan kekuatan rambut sekaligus menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut.

Minyak Argan

Sumber vitamin E dan antioksidan ini juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala.

Citrus

Bahan yang kaya akan vitamin C ini kerap terkandung dalam berbagai produk perawatan rambut, karena mampu menyegarkan serta menyehatkan kulit kepala.

Jika Si Kecil memiliki rambut yang tipis, lakukan perawatan untuk rambutnya dengan menyisirnya secara lembut. Apabila rambut Si Kecil tebal dan keriting, setelah keramas, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner atau baby oil pada rambut.

0 Komentar