Manfaat Kayu Manis Turunkan Kolesterol dan Darah Tinggi

Manfaat Kayu Manis Turunkan Kolesterol dan Darah Tinggi (Pixabay/Barbara Rosner)
Manfaat Kayu Manis Turunkan Kolesterol dan Darah Tinggi (Pixabay/Barbara Rosner)
0 Komentar

Kita sering merasa khawatir saat melihat lonjakan kadar kolesterol dan tekanan darah setelah makan daging sapi atau kambing. Kadar kolesterol dan tekanan darah yang tinggi dapat membuat tubuh tidak nyaman dan berpotensi menyebabkan masalah jantung. Tenang saja, manfaat kayu manis dapat menurunkan kolesterol dan darah tinggi.

Tetapi, penting untuk kamu ingat bahwa tidak semua orang akan merasakan gejala yang jelas. Beberapa mungkin menganggap gejala seperti pusing atau kantuk hanya akibat kelelahan.

Pencegahan lonjakan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi dapat kamu lakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui konsumsi kayu manis.

Baca Juga:Penuh Penasaran, Tips Menjawab Pertanyaan Balita bagi Orang TuaJangan Luput dari Pantauan, Dampak Negatif Konsumsi Kopi Berlebihan pada Remaja

Penelitian pada tahun 2018 menemukan bahwa Cinnamaldehyde, suatu zat yang terdapat dalam kayu manis, memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol. Namun, cara kerja zat ini dalam mengurangi kolesterol masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Menurunkan tekanan darah

Selain kemampuannya dalam menurunkan kolesterol, manfaat kayu manis juga terbukti memiliki efek yang mampu menurunkan tekanan darah. Temuan ini didasarkan pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Hindawi pada tahun 2014.

Hasil penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kayu manis memiliki kemampuan melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah, yang akhirnya bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah.

Manfaat ini jelas sangat menguntungkan untuk kesehatan jantung. Oleh karena itu, kayu manis dapat kamu gunakan sebagai alternatif pengganti gula atau garam dalam berbagai masakan.

Secara khusus, dalam hidangan daging sapi, baik bubuk maupun batang kayu manis dapat kamu gunakan untuk memberi rasa pada hidangan seperti soto atau semur. Di sisi lain, dalam hidangan daging kambing, kamu dapat menambahkan sedikit kayu manis saat menyiapkan hidangan seperti tongseng.

0 Komentar