Dijamin Ampuh, Cara Mengatasi Sakit Gigi agar Tidak Menganggu Aktivitas

Cara Mengatasi Sakit Gigi (Foto/Pixabay)
Cara Mengatasi Sakit Gigi (Foto/Pixabay)
0 Komentar

Pendarahan gusi

Pendarahan gusi seringkali terjadi saat Anda menyikat gigi, dan itu bisa menjadi tanda radang gusi. Kedua masalah ini sering disebabkan oleh penumpukan plak gigi, perubahan hormonal (seperti saat kehamilan), penyakit periodontitis, atau penyakit sistemik seperti diabetes yang tidak terkontrol.

Patah gigi

Gigi dapat patah atau retak akibat cedera atau trauma, seperti terjatuh atau menggigit sesuatu yang keras.

Gangguan sendi Temporomandibular (TMD)

Ini adalah gangguan yang memengaruhi sendi rahang dan dapat menyebabkan gejala seperti nyeri sendi rahang, kesulitan dalam mengunyah, bunyi “klik” di rahang, sakit kepala, nyeri di wajah, tinnitus, pembatasan pembukaan mulut, dan bahkan rahang yang terkunci.

Baca Juga:Apakah Aman Jika Anak Belajar Jalan Menggunakan Baby Walker? Simak Faktanya!Baby Walker Bisa Berbahaya, Alternatif Alat untuk Bayi Belajar Jalan yang Bisa Ibu Coba

Penyebab TMD dapat meliputi kehilangan gigi yang tidak kamu ganti, masalah maloklusi atau penyusunan gigi yang tidak normal, masalah hubungan antara rahang atas dan bawah, pembuatan prostesis gigi yang tidak tepat, trauma akibat kecelakaan, kebiasaan buruk seperti bruxism (menggertak gigi) dan clenching (mengatupkan rahang dengan keras), serta faktor lainnya.

Melansir Siloam Hospitals, berdasarkan penelitian, garam memiliki manfaat antibakteri dan antiradang yang dapat membantu dalam membunuh bakteri jahat di dalam mulut dan meredakan pembengkakan.

Langkah-langkahnya cukup sederhana: campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air mendidih. Setelahnya, kumur-kumurlah selama sekitar 30 detik sebelum meludahkannya. Ingat ya, untuk tidak menelan larutan garam tersebut.

Kumur dengan larutan air garam memiliki manfaat membersihkan area di sekitar gigi dan membantu mengeluarkan cairan yang dapat menyebabkan pembengkakan.

Selain itu, larutan air garam juga dapat membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang mungkin terjebak di antara gigi.

Berikut beberapa metode yang bisa dicoba untuk mengatasi rasa sakit gigi:

Kompres dingin

Ketika rasa sakit sangat mengganggu, siapkan air es dan tempelkan pada area yang sakit selama sekitar 20 menit atau hingga rasa sakit berkurang. Jika Anda merasa terlalu dingin, coba bungkus es dalam handuk sebelum ditempelkan pada gigi.

0 Komentar