Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Bahan Alami yang Efektif

Cara Atasi Gusi Bengkak dengan Bahan Dapur
Cara Atasi Gusi Bengkak dengan Bahan Dapur
0 Komentar

Kondisi gusi bengkak dapat menyebabkan rasa nyeri yang sangat mengganggu. Untuk meredakannya, biasanya penderitanya akan mengonsumsi obat-obatan. Namun, ternyata ada cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami lho.

Penyebab gusi bengkak sangatlah beragam, mulai dari infeksi bakteri, kumpulan plak, makanan yang terselip, hingga gingivitis.

Berikut beberapa penyebab gusi bengkak yang perlu kamu tahu.

Plak yang kamu biarkan dalam waktu lama dapat mengeras dan menjadi karang gigi, yang bisa memicu peradangan dan nyeri pada gusi.

Baca Juga:Gampang Banget! 4 Cara Atasi Gusi Bengkak dengan Bahan DapurKetahui Penyebab Gusi Bengkak, Tidak Hanya Karena Plak

Perubahan hormon

Gusi bengkak sering dialami oleh wanita selama berbagai tahap siklus reproduksi, seperti kehamilan dan menstruasi. Ini terjadi karena perubahan hormon selama periode ini, yang mengakibatkan peningkatan aliran darah ke gusi. Peningkatan aliran darah ini dapat membuat gusi lebih rentan terhadap iritasi dan pembengkakan.

Perubahan hormon yang terjadi selama menyusui dan pasca melahirkan juga dapat mempengaruhi kesehatan gusi, karena dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam melawan bakteri penyebab infeksi pada gusi.

Oleh karena itu, penting untuk memahami faktor-faktor ini agar dapat mencegah dan mengelola masalah gusi bengkak dengan lebih baik.

Salah dalam menyikat gigi

Gusi bengkak dan rasa sakit bisa disebabkan oleh cara menyikat gigi yang salah, terutama oleh mereka yang menyikat gigi terlalu keras.

Beberapa orang berpikir bahwa menyikat gigi dengan kuat akan membersihkan gigi secara optimal, padahal tindakan ini bisa menyebabkan iritasi, pembengkakan, dan bahkan perdarahan gusi.

Menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras dan kasar juga dapat mengiritasi gusi dan berujung pada pembengkakan.

Makanan yang tersangkut

Sisa-sisa makanan yang terjebak di sela-sela gigi juga dapat menjadi pemicu gusi bengkak. Makanan yang tersangkut ini dapat memicu pertumbuhan dan penumpukan bakteri di mulut, yang pada akhirnya menyebabkan iritasi dan pembengkakan pada gusi.

0 Komentar