Ketahui Penyebab Gusi Bengkak, Tidak Hanya Karena Plak

Ketahui Penyebab Gusi Bengkak(Pixabay/Engin_Akyurt)
Ketahui Penyebab Gusi Bengkak(Pixabay/Engin_Akyurt)
0 Komentar

Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok juga menjadi salah satu penyebab gusi bengkak. Zat-zat beracun dalam rokok dapat meningkatkan risiko infeksi pada gusi dan gigi, serta melemahkan daya tahan tubuh terhadap kuman penyebab penyakit gusi. Rokok juga dapat menghambat proses pemulihan gusi yang telah terinfeksi.

Defisiensi vitamin

Salah satu faktor penyebab gusi bengkak adalah kekurangan vitamin C dan B. Vitamin C berperan dalam menjaga dan memperbaiki jaringan gusi, sementara vitamin B membantu pertumbuhan sel dan sirkulasi darah. Kekurangan kedua vitamin ini dapat meningkatkan risiko gusi bengkak dan sariawan.

Cara menyikat gigi yang salah

Gusi bengkak dan rasa sakit bisa disebabkan oleh cara menyikat gigi yang salah, terutama oleh mereka yang menyikat gigi terlalu keras.

Baca Juga:Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut, Salah Satunya Dapat Menyembuhkan SariawanKetahui Kandungan Zat dalam Siwak yang Baik untuk Gigi

Beberapa orang berpikir bahwa menyikat gigi dengan kuat akan membersihkan gigi secara optimal, padahal tindakan ini bisa menyebabkan iritasi, pembengkakan, dan bahkan perdarahan gusi.

Menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras dan kasar juga dapat mengiritasi gusi dan berujung pada pembengkakan.

Efek samping obat-obatan

Beberapa obat-obatan memiliki efek samping yang dapat menyebabkan pembengkakan pada gusi.

Contohnya, obat antikejang yang digunakan oleh penderita epilepsi atau pil kontrasepsi yang dapat meningkatkan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita. Ini bisa menyebabkan pembengkakan gusi tanpa harus ada penumpukan plak.

Selain itu, pengobatan dengan kemoterapi dan obat antihipertensi jenis calcium channel blocker juga dapat menjadi penyebab gusi bengkak dan nyeri.

Pemahaman tentang faktor-faktor ini akan membantu dalam mencegah dan mengelola masalah gusi bengkak dengan lebih baik.

Masalah kesehatan

Selain kondisi di atas, gusi bengkak juga bisa menjadi akibat dari beberapa masalah kesehatan lainnya, seperti:

Baca Juga:Ketahui Penyebab Nyeri Saat Sakit Gigi yang Kamu Harus TahuBumil Simak! Cara Meredakan Sakit Gigi Bagi Ibu Hamil

Periodontitis

Ini adalah infeksi gusi yang serius dan bisa merusak gigi, jaringan lunak, dan tulang penyangga gigi.

Abses gigi

Abses gigi adalah kondisi di mana benjolan berisi nanah muncul di sekitar gigi, termasuk di dalam gusi, sehingga menyebabkan pembengkakan gusi.

Sariawan

Sariawan merupakan masalah kesehatan mulut yang dapat disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh, cedera, atau infeksi jamur, bakteri, atau virus.

0 Komentar