Ribuan Burung Pemangsa dari Rusia Migrasi ke Gunung Sanggabuana Karawang

Ribuan Burung Pemangsa dari Rusia Migrasi ke Gunung Sanggabuana Karawang
Ribuan Burung Pemangsa dari Rusia Migrasi ke Gunung Sanggabuana Karawang
0 Komentar

KBEONLINE.ID- Burung-burung Pemangsa dari Rusia Migrasi ke Gunung Sanggabuana Karawang. Sejak awal Oktober, ribuan burung raptor migran dari luar negeri kembali menyambangi kawasan hutan Pegunungan Sanggabuana di Karawang.

Penyebabnya diduga karena burung-burung pemangsa ini bermigrasi dari daerah asalnya yang sedang musim dingin untuk datang ke Indonesia yang bercuaca hangat dan makanan berlimpah.

Burung pemangsa dari Rusia ini bermigrasi melewati koridor daratan sebelah timur yang terbang melalui Tiongkok, Semenanjung Malaya, dan berakhir di Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Baca Juga:Kebakaran TPA Jalupang Berdampak pada Kesehatan Warga Sekitar, Banyak yang Terkena Gangguan PernapasanWarga Karawang Kena Cacar Monyet, Kata Dinkes Jabar Sudah Sembuh dan Pulang ke Karawang

Pada Minggu, 29 Oktober 2023, masyarakat yang antusias dengan kedatangan raptor migran ini melakukan pengamatan bersama di kawasan wisata Puncak Sempur di Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang.
Uniknya, masyarakat tidak hanya melakukan pengamatan raptor migran dari puncak-puncak bukit saja, tetapi juga dari beberapa kafe yang ada di sekitaran Puncak Sempur.

Sejak pukul 07.00 WIB puluhan masyarakat menggunakan binocular, monocular, dan kamera DSLR dengan lensa-lensa panjang sudah bergerombol di puncak Dindinghari di Camp Ground Puncak Sempur.

Sisanya melakukan pengamatan di Saung Koffie Hideung dan Café 99 yang masih berada di kawasan wisata Puncak Sempur.

Kegiatan pengamatan migrasi raptor migran ini diinisiasi oleh Burung Indonesia bersama dengan Sanggabuana Conservation Foundation (SCF).

Selain dari masyarakat sekitar yang tergabung dalam Baraya Sanggabuana, juga dari Perhimpunan Burung Indonesia, pengamatan ini juga melibatkan masyarakat umum, termasuk dari anak-anak pelajar dari Sispala Samaru SMA N 1 Tegalwaru.

Ria Saryanthi, Comunication Partnership Adviser Burung Indonesia dalam Talkshow Menyambut Burung Migran Sanggabuana yang diadakan di Café 99 Puncak Sempur pada Sabtu, 28 Oktober 2023 mengatakan Migrasi burung adalah fenomena alam yang terjadi secara reguler dimana burung-burung tertentu terbang berpindah dari lokasi berkembangbiak pada saat musim dingin ke lokasi yang hangat guna menghabiskan waktunya menunggu musim dingin selesai.

Sanggabuana merupakan salah satu lokasi dari jalur migrasi tiga jenis burung raptor (elang), yaitu elang-alap cina, elang-alap nipon, dan sikep-madu asia. Oleh karena itu, Burung Indonesia mengajak anggotanya untuk melihat burung-burung ini di Sanggabuana dalam acara tahunan Raptor Watch pada tanggal 28-29 Oktober 2023.

0 Komentar