Hujan Meteor dan Komet Raksasa Sedang Menuju Bumi di Bulan November, Pertanda Apa Ini?

Hujan Meteor dan Komet Raksasa Sedang Menuju Bumi
Hujan Meteor dan Komet Raksasa Sedang Menuju Bumi
0 Komentar

Sementara dilansir laman Space, waktu terjadinya hujan meteor Taurid Selatan akan mencapai puncaknya antara tanggal 4-5 November 2023. Sedangkan hujan meteor Taurid Utara akan mencapai puncaknya antara tanggal 11-2 November 2023.

Secara umum, menurut LAPAN BRIN, Taurid adalah hujan meteor kecil yang berlangsung lama dan hanya menghasilkan sekitar 5-10 meteor per jam. Hujan meteor Taurid muncul setiap tahunnya dengan perkiraan waktu kejadian antara September hingga Desember.

Titik radian hujan meteor Taurid Selatan terletak di konstelasi Cetus. Titik radian Taurid Selatan terbit setelah senja (sekitar pukul 18.30) dan terbenam sebelum fajar (sekitar pukul 04.30).

Baca Juga:Sengkolo: Pemandi Mayat, Film Tentang Pengalaman Mistis Sang Pemandi Mayat34.450 Kotak Suara Sudah Dikirim ke Karawang

Titik radian hujan meteor Taurid Utara terletak di konstelasi Taurus. Hujan meteor Taurid Utara yang berintensitas 5 meteor setiap jamnya dapat disaksikan sejak tengah malam hingga menjelang Matahari terbit.
Sebagai informasi, hujan meteor adalah meteor yang jatuh dan melewati permukaan Bumi dalam jumlah banyak, sehingga dari permukaan Bumi akan dilihat oleh manusia sebagai hujan yang turun. Hujan meteor terjadi ketika Bumi melintasi dekat orbit sebuah komet melalui serpihannya.

Adapun meteor sendiri merupakan sebutan yang digunakan untuk menyebut sesuatu yang jatuh dari luar angkasa. Meteor atau bintang jatuh umumnya hanya sebesar sebutir pasir dan hampir semuanya hancur sebelum sampai permukaan Bumi. **

 

Laman:

1 2 3
0 Komentar