Baru Beli Laptop? Ikuti Tips agar Laptop Awet Berikut Ini Yuk!

Tips agar Laptop Awet (Pixabay/lukasbieri)
Tips agar Laptop Awet (Pixabay/lukasbieri)
0 Komentar

Mengisi baterai secara rutin juga dapat membantu melindungi laptop dari masalah kelembaban, karena udara hangat yang dihasilkan saat pengisian baterai dapat mencegah pertumbuhan jamur. Usahakan untuk mengisi daya baterai setidaknya setiap 2-3 minggu jika laptop jarang digunakan.

Berikan laptop waktu istirahat

Walaupun laptop adalah perangkat elektronik, bukan berarti kamu bisa menggunakannya tanpa henti. Laptop juga memerlukan istirahat agar komponen internalnya dapat mendingin.

Jika kamu telah menggunakan laptop selama 3-4 jam secara terus-menerus, sebaiknya berikan laptopmu istirahat selama 15-20 menit. Seperti dirimu yang sudah seharian bekerja, laptop juga perlu istirahat bukan?

Baca Juga:Gampang Banget! Cara Membersihkan Kerak Hitam pada WajanSegera Atasi, Berikut Dampak Insomnia pada Ibu Hamil

Menghindari meletakkan minuman dekat laptop

Saat bekerja, kita sering membutuhkan makanan dan minuman agar tetap fokus. Namun, meletakkan gelas atau cangkir di dekat laptop dapat menjadi ancaman serius. Jika tanpa sengaja tanganmu menggeser gelas dan isinya tumpah ke laptop, maka laptopmu dapat mengalami kerusakan serius.

Untuk menghindari risiko ini, upayakan menjaga jarak antara minuman dan laptopmu. Ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya tumpahan cairan pada laptop.

Matikan laptop dengan benar

Mematikan laptop dengan benar adalah suatu tindakan yang penting untuk menjaga kesehatan laptopmu dalam jangka panjang. Jangan pernah mematikan laptop dengan menekan tombol daya secara langsung. Sebaiknya, klik tombol daya dan pilih opsi “Shut Down”. Dengan cara ini, laptop akan dimatikan secara perlahan oleh sistem.

Mematikan laptop tanpa mengikuti prosedur ini dapat mempercepat kerusakan pada prosesor, yang pada gilirannya bisa menyebabkan biaya perbaikan yang signifikan.

Jangan langsung menutup layar sesaat setelah mematikan laptop

Untuk menghindari kerusakan pada laptopmu, jangan langsung menutup layar LCD setelah mematikan laptop. Udara panas yang keluar dari permukaan keyboard dapat langsung mengenai layar LCD, yang berpotensi mengakibatkan kerusakan fatal pada layar tersebut. Sebaiknya, biarkan laptop dalam keadaan mati selama beberapa menit untuk membiarkan suhu menurun sebelum menutupnya.

Itulah beberapa acara yang bisa kamu ikuti agar laptopmu menjadi awet dan tidak gampang rusak.***

0 Komentar