Sebabkan Nyeri, Cara Mengobati Gusi Bengkak Akibat Gigi Berlubang

Cara Mengobati Gusi Bengkak Akibat Gigi Berlubang (Foto: Pixabay)
Cara Mengobati Gusi Bengkak Akibat Gigi Berlubang (Foto: Pixabay)
0 Komentar

Ada beragam penyebab gusi bengkak, salah satunya adalah gigi berlubang. Gusi yang membengkak akibat gigi berlubang dapat mengakibatkan ketidaknyamanan dan gangguan dalam makan. Namun tidak perlu khawatir, terdapat beberapa cara mengobati gusi bengkak akibat gigi berlubang yang bisa kamu coba.

Penyebab gigi berlubang seringkali karena infeksi yang dapat menyebar ke gusi, menyebabkan peradangan serta pembengkakan pada gusi. Gejala umumnya mencakup gusi yang memerah, rasa nyeri, dan bau tidak sedap. Tentu hal ini menganggu aktivitas bagi penderitanya.

Lalu bagaimana cara atasi gusi bengkak akibat gigi berlubang? Yuk simak!

Baca Juga:Informasi Beasiswa Studi Singkat Australia, Cek Syarat Pendafatarannya!Moms Perhatikan! 5 Kebiasaan Penyebab Anak Jadi Pendek yang Patut Moms Hindari

Cara mengobati gusi bengkak dengan air garam cukup mudah. Kamu perlu mencampur 1 sendok teh garam dengan 240 ml air hangat, aduk hingga tercampur rata, dan berkumur selama 30 detik sebelum meludahkannya.

Menggunakan kompres hangat atau dingin

Kompres hangat atau dingin juga bisa membantu mengurangi gusi yang bengkak. Untuk kompres hangat, rendam kain bersih dalam air hangat, peras hingga tidak ada air yang menetes, lalu letakkan di area gusi yang bengkak selama 5 menit. Untuk kompres dingin, gunakan es batu yang dibungkus dengan kain dan terapkan dengan cara yang sama. Lakukan kompres ini 2–3 kali sehari untuk meredakan pembengkakan.

Kumur menggunakan sari daun jambu biji

Menggunakan sari daun jambu biji sebagai obat kumur juga merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi gusi bengkak. Sari daun jambu biji mengandung senyawa antimikroba yang efektif dalam membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada gusi yang membengkak.

Untuk mempersiapkannya, kamu dapat merebus 6 hingga 7 lembar daun jambu biji dalam air mendidih dengan api kecil selama sekitar 10 menit. Setelah proses perebusan selesai, tuangkan sari daun jambu biji ke dalam gelas dan biarkan larutannya mendingin.

0 Komentar