Aspek Emosi
Anak-anak yang masuk sekolah dasar terlalu dini sering kali matang secara akademis. Namun, perkembangan emosi dan kemandirian mereka biasanya belum sepenuhnya terwujud. Pada kenyataannya, anak-anak tidak akan mendapatkan perhatian yang sama di sekolah dasar seperti yang mereka dapatkan di taman kanak-kanak. Diharapkan ia akan menjadi tidak terlalu bergantung pada orang tuanya dan menjadi lebih mandiri. Dengan demikian, masalah yang akan diamati adalah kemampuan anak untuk memahami pelajaran yang diajarkan di sekolah. Di sisi lain, anak mungkin masih ingin diawasi oleh ibu, atau mungkin dengan cepat meninggalkan kegiatan di sekolah, atau mungkin menolak untuk mengerjakan pekerjaan rumah karena lebih suka bermain, dan sebagainya.
Parents sebaiknya tidak mengantar ke sekolah di usia yang terlalu dini terlalu dini. Temui psikolog anak untuk menentukan apakah Si Kecil sudah siap masuk sekolah dasar jika Parents masih ragu untuk menyekolahkannya di sana. Pilihan untuk mendaftarkan anak ke sekolah dasar pada usia dini juga berdampak pada pertumbuhan dan prestasi anak.