Cukup dengan Bahan Alami, Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Minyak Cengkeh

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Minyak Cengkeh (Pixabay: Barbara Rosner)
Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Minyak Cengkeh (Pixabay: Barbara Rosner)
0 Komentar

Sesuai dengan kalimat, “lebih baik sakit hati daripada sakit gigi,” Nyeri saat sakit gigi memang sangat mengganggu. Karenanya kamu perlu tahu cara mengatasinya. Sakit gigi ternyata juga bisa kita obati dengan bahan alami lho. Salah satunya mengobati sakit gigi dengan minyak cengkeh.

Cengkeh sendiri merupakan tangkai bunga kering yang berasal dari keluarga pohon Myraceae. Rempah satu ini mengandung senyawa aktif bernama eugenol yang mempunyai peran sebagai obat bius alami.

Eugenol dapat membantu mematikan sinyal saraf pemicu sakit sehingga mengurangi nyeri akibat sakit gigi. Euganol juga bersifat antiradang yang efektif dalam mengempiskan gusi bengkak dan meredakan iritasi di area gigi yang bermasalah.

Baca Juga:Ada Beasiswa Kursus di Australia, Dapat Tiket, Tunjangan Biaya Hidup, hingga Tempat TinggalSebabkan Nyeri, Cara Mengobati Gusi Bengkak Akibat Gigi Berlubang

Melansir Hellosehat, dalam penelitian Journal of Dentistry menyebutkan bahwa minyak cengkeh dapat menggantikan peran obat benzocaine untuk meredakan nyeri ringan. Benzocaine ini merupakan obat bius lokal yang bekerja menghambat sinyal saraf di dalam tubuh.

Caranya dengan mencampurkan dua tetes minyak cengkeh dan satu tetes minyak zaitun atau minyak kelapa. Selanjutnya, celupkan bola kapas pada campuran minyak, kemudian tempelkan pada area gigi yang sakit. Kamu bisa melakukan ini sampai rasa sakit pada gigi mereda.

Selain minyak cengkeh, kamu juga bisa menggunakan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh. Gunakan cengkeh tersebut di sekitar area gigi yang sakit. Setelahnya kamu bisa membilasnya dengan cara berkumur agar sisa-sisa cengkeh yang tertinggal dalam mulut bisa terangkat.

Perlu kamu ingat bahwa minyak cengkeh hanya bisa meredakan nyeri akibat sakit gigi. Jika kamu ingin mengatasi sakit gigi sampai tuntas, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter agar tahu lebih jelas penyebab dan cara mengobatinya.

Efek samping minyak cengkeh

Cengkeh memang bisa meredakan nyeri akibat sakit gigi. Namun, cengkeh tidak bisa digunakan untuk semua orang. Rempah satu ini dapat memiliki efek samping bagi kamu yang memiliki alergi terhadap cengkeh atau bahan herbal. Alergi dapat menimbulkan reaksi yang berpotensi membahayakan tubuh.

0 Komentar