Dijamin Berhasil, Tips Hidup Hemat Menggunakan Skala Prioritas

Tips Hidup Hemat Menggunakan Skala Prioritas (Pixabay: Jeremy Smith)
Tips Hidup Hemat Menggunakan Skala Prioritas (Pixabay: Jeremy Smith)
0 Komentar

Kebutuhan Dasar

Ini adalah kebutuhan yang jika tidak terpenuhi dapat mengancam kelangsungan hidup. Contohnya termasuk kebutuhan makan dan minum, pakaian untuk menutup tubuh, dan tempat tinggal untuk melindungi dari cuaca. Penting untuk diingat bahwa, meskipun penting, kebutuhan pakaian tidak harus dipenuhi dengan frekuensi tinggi dan rutin.

Kebutuhan Semi Mendasar

Kebutuhan di sini merupakan kebutuhan yang penting, meskipun tidak langsung mengancam kelangsungan hidup. Termasuk di sini adalah kebutuhan listrik, air, pulsa untuk komunikasi dan internet, kebutuhan transportasi termasuk BBM, serta konsumsi gas untuk dapur, dan lainnya.

Kebutuhan Wajib

Terkait dengan tanggung jawab terhadap pihak lain. Contoh pengeluaran berhemat termasuk sewa rumah, biaya sekolah anak, pembayaran cicilan utang, pembayaran zakat atau sedekah, premi asuransi, dan lainnya.

Baca Juga:Tips Memulai Financial Freedom untuk Masa Tua yang NyamanKenali Tahapan Financial Freedom untuk Persiapan di Masa Mendatang

Kebutuhan Masa Depan

Ini termasuk menabung untuk dana darurat, berinvestasi secara rutin untuk pengeluaran masa depan (future spending), dan hal-hal sejenis.

Kebutuhan Gaya Hidup

Ini adalah kebutuhan yang 100% untuk memuaskan hasrat atau keinginan. Contoh berhemat melibatkan belanja produk fesyen, liburan, penggantian gadget merek ternama, langganan layanan streaming musik atau film, dan lainnya. Kebutuhan ini tidak mengancam kelangsungan hidup, sehingga menempati posisi terakhir dalam skala prioritas kebutuhan.

Selain memahami jenis-jenis kebutuhan yang ada di atas, kamu juga bisa membuat daftar barang yang harus kamu dahulukan pembeliannya. Misalnya, bahan makanan harus menajdi prioritas daripada dengan tas bermerek.

Mempertimbangkan Masa Depan

Pertimbangan terkait masa depan juga memiliki peran penting dalam menetapkan prioritas. Walaupun terkadang terlihat tidak mendesak, kebutuhan seperti membayar premi asuransi dan berinvestasi harus dipertimbangkan karena berkaitan dengan kesejahteraan di masa mendatang.

0 Komentar