Kenali Tahapan Financial Freedom untuk Persiapan di Masa Mendatang

Tahapan Financial Freedom (Pixabay: stevepb)
Tahapan Financial Freedom (Pixabay: stevepb)
0 Komentar

Financial Independence (Kemerdekaan Finansial)

Orang yang berada di tahap ini sudah dapat hidup dari hasil investasinya, seperti penghasilan dari kontrak rumah atau investasi dengan return yang tinggi. Kamu juga memiliki kapasitas untuk meningkatkan persentase pendapatan yang kamu alokasikan untuk investasi.

Abundant Wealth (Kesejahteraan Berlimpah)

Di tingkat ini, kamu memiliki kekayaan lebih dari yang dibutuhkan, dan hambatan finansial tidak lagi menjadi kendala. Kamu bisa mengejar passion atau bekerja tanpa stres, menjalani hidup dengan nyaman dari investasi yang kamu miliki.

Strategi dan usaha untuk mencapai tujuan tersebut perlu kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing individu.

Baca Juga:Tips Mencapai Financial Freedom agar Bisa Lebih Menikmati Masa TuaKenali Financial Freedom, Atur Keuangan dari Sekarang untuk Masa Pensiun

Kelola Cash Flow dengan Baik

Cash flow, atau arus kas, merupakan dana yang diperoleh dari pendapatan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam jangka waktu tertentu. Mengelola cash flow dengan baik akan menciptakan stabilitas keuangan, sehingga memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi pengeluaran yang kamu perlukan.

Langkah-langkah dalam mengelola cash flow yang baik melibatkan manajemen hutang dengan bijak, dan menjalani gaya hidup sesuai dengan kemampuan finansial, sehingga pengeluaran tidak melebihi pendapatan.

Dalam mengelola arus keuangan, kamu dapat menggunakan formula 40:30:20:10 sebagai pedoman alokasi keuangan. Rincian tersebut meliputi 40% untuk kebutuhan harian, 30% untuk pembayaran cicilan, 20% untuk tabungan, investasi, dan proteksi, serta 10% untuk amal.

Meski demikian, angka ini bersifat fleksibel dan dapat kamu sesuaikan dengan tingkat pendapatan dan pengeluaran pribadi.

Persiapan Dana Darurat

Dalam kerangka perencanaan keuangan, keberadaan dana darurat menjadi salah satu dasar yang penting. Apa fungsi utamanya? Dalam perjalanan hidup, pasti akan ada kejadian tak terduga dan mendesak yang memerlukan dana. Contohnya, seperti kebocoran atap, ban mobil yang bocor, proyek renovasi rumah, atau kebutuhan mendadak untuk perawatan kesehatan.

0 Komentar