Kenali Tahapan Financial Freedom untuk Persiapan di Masa Mendatang

Tahapan Financial Freedom (Pixabay: stevepb)
Tahapan Financial Freedom (Pixabay: stevepb)
0 Komentar

Ukuran dana darurat dapat bervariasi untuk setiap individu, oleh karena itu, saat menyusun dana darurat, penting untuk mengetahui besarnya pengeluaran bulanan kamu.

Idealnya, untuk orang yang belum menikah, dapat menyiapkan dana darurat setara dengan 3 kali pengeluaran bulanan. Rekomendasi bagi mereka yang sudah menikah, minimal 6 kali pengeluaran bulanan. Sedangkan bagi pasangan yang sudah memiliki anak, sebaiknya siapkan minimal 9-12 kali pengeluaran bulanan.

Karena sifatnya yang tidak terduga, dana ini sebaiknya kamu akumulasikan dalam bentuk aset yang likuid atau mudah diuangkan, seperti tabungan atau reksadana.

Baca Juga:Tips Mencapai Financial Freedom agar Bisa Lebih Menikmati Masa TuaKenali Financial Freedom, Atur Keuangan dari Sekarang untuk Masa Pensiun

Berinvestasi

Perencanaan masa depan menjadi kunci dalam mencapai financial freedom. Uang yang kamu miliki sekarang akan memiliki nilai yang berbeda di masa mendatang karena adanya inflasi. Oleh karena itu, kamu bisa memulai berinvestasi. Baik itu dalam bentuk emas, saham, properti, atau reksadana, untuk menjaga nilai uang dan menciptakan pertumbuhan finansial.

Sebelum berinvestasi, pastikan kamu sudah terlebih dahulu memahami risiko instrumen investasi yang kamu pilih. Lakukan investasi secara rutin untuk membangun portofolio yang kokoh.

Itulah tahapan beserta tips untuk kamu agar bisa mencapai financial freedom.***

0 Komentar