Kamu Sering Makan Yang Ada Bahan Santan, Awas Jangan Berlebihan Dapat Resiko Penyebab Gangguan diare

Kamu Sering Makan Yang Ada Bahan Santan, Awas Jangan Berlebihan Dapat Resiko Penyebab Gangguan diare
0 Komentar

KBEONLINE.ID- Konsumsi santan yang terlalu banyak, berisiko tinggi menyebabkan masalah pada kesehatan salah satunya gangguan penyakit diare.

Makanan bersantan yang sering disajikan saat lebaran, di antaranya seperti gulai, rendang, dan opor ayam.

Selain melezatkan makanan, santan juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral, yang sebenanrnya dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga:Tips Untuk Menghilangkan Bau Piring Meskipun Setelah Dicuci, 4 Bahan Dapur Ini Ampuh Lebih CepatMasih Licin Noda Minyak Pada piring? Inilah Cara Membersihkahkan Cepat dan efektif Langsung Kesat

Makan makanan bersantan yang terlalu banyak, berisiko tinggi menyebabkan masalah pada kesehatan.

Dilansir dari Healthline, santan dapat membantu menurunkan berat badan, karena mengandung kadar MCT (trigliserida rantai sedang) dalam jumlah yang sedikit.

Nah, kandungan tersebut dapat meningkatkan metabolisme dan membantu mengurangi lemak di perut.

santan memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga cenderung sulit dicerna oleh lambung. Selain itu, konsumsi santan berlebih juga dapat meningkatkan kadar air di dalam usus yang berisiko mengganggu proses pengentalan feses..

Tak hanya itu, makanan bersantan juga bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah pada saluran pencernaannya.

Diare karena makanan bersantan disebabkan oleh kandungan karbohdirat yang difermentasi. Kondisi ini paling bersiko terjadi pada mereka yang mengalami sindrom iritasi usus besar.

Diare setelah makan makanan bersantan saat Hari Raya Idul Fitri, juga bisa terjadi sebagai reaksi alergi. Meski begitu, kondisi ini sangat jarang terjadi.

Baca Juga:Ada Tanda Putih Pada Kuku Tangan Kanan Konon Ada Yang Suka Ternyata Ini Penyebabnya Cek SelengkapnyaSinopsis Film The Departed Kisah Mata-Mata Mafia Penghianatan

Orang yang alergi terhadap santan, akan mengalami diare, muntah-muntah, pusing, sakit kepala, dan gatal di bagian mulut atau kulit.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi diare akibat konsumsi makanan bersantan saat lebaran? Berikut adalah pengobatan rumahan untuk mengatasinya.

Dilansir dari Medicine Net, bakteri baik yang ada di usus dapat memberikan kekebalan. Namun, diare gara-gara makanan bersantan justru dapat membunuhnya.

Menambahkan yogurt dan kefir dalam makanan, dapat membantu menghentikan kram dan produksi gas berlebih. Probiotik juga tersedia dalam bentuk cairan, agar lebih mudah dikonsumsi.

Selain itu bahan alami dari kunyit kamu bisa meminum air parutan kunyit. Caranya sangat gampang sekali, Masukkan sejumput kunyit dalam segelas air, untuk membantu mengatasi tinja yang encer. Kunyit diketahui mempunyai sifat anti septik dan anti-inflamasi.

0 Komentar