Memberikan Dukungan Kepada Orang Yang Sedang Depresi, Kenali Ciri – Cirinya, Apa Kamu Mengalaminya?

Memberikan Dukungan Kepada Orang Yang Sedang Depresi, Kenali Ciri – Cirinya, Apa Kamu Mengalaminya?
0 Komentar

KBEONLINE.ID- Gejala depresi pada orang yang paling umum adalah merasa sedih dan kehilangan minat untuk melakukan aktivitas yang biasa mereka lakukan.

Depresi tidak mengenal jenis kelamin. Siapa saja bisa terkena ciri-ciri depresi, baik pria maupun perempuan.

Namun, yang membedakan ciri-ciri depresi pada perempuan adalah lebih mudah dikenali ketimbang pria.

Baca Juga:BERBAHAYA Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Anak akan Mengalami Broken HomeHancurnya Keharmonisan Dalam Keluarga Karena Sebuah Pertengkaran Yang Berdampak Pada Psikologi Anak Broken Home

Depresi atau gangguan depresi mayor adalah gangguan kesehatan mental yang memengaruhi perasaan, cara berpikir dan cara bertindak seseorang. Kondisi ini kemudian dapat menyebabkan berbagai masalah emosional dan fisik.

Efek depresi dapat berlangsung lama atau bahkan berulang dan mampu memengaruhi kemampuan seseorang menjalani aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya itu, gangguan kesehatan ini juga dapat memburuk dan bertahan lebih lama bila tak mendapatkan penanganan.

Mengenali seseorang yang sedang mengalami depresi bisa menjadi tugas yang sulit, karena gejalanya dapat bervariasi dan tidak semua orang menunjukkan tanda-tanda yang sama.

Namun, ada beberapa hal umum yang bisa membantu mengenali seseorang yang mungkin sedang mengalami depresi sebelum memastikannya kepada seorang profesional kesehatan mental yang dapat membuat diagnosis resmi.

Ciri-ciri orang yang depresi :

Kehilangan Minat dan Kesenangan

Penderita depresi sering kehilangan minat pada kegiatan yang sebelumnya dianggap menyenangkan atau bermanfaat.

Perasaan Bersalah atau Tidak Berharga

Penderita depresi sering merasa bersalah, merasa tidak berharga, atau merasa bahwa mereka merupakan beban bagi orang lain.

Iritabilitas

Baca Juga:Bunga Sunflower Cocok Berdasarkan Karakter Zodiak Leo (23 Juli – 22 Agustus) Apa Maknanya?Sifat Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi Zodiak Aquarius Menyukai 2 Bunga Jenis Bunga Ini

Perubahan tingkah laku seperti mudah tersinggung, cepat marah, atau lebih mudah merasa frustasi.

Isolasi Sosial

Orang yang depresi cenderung akan menarik diri dari teman-teman, keluarga, atau kegiatan sosial yang biasanya dia terlibat di dalamnya.

Perubahan Pola Tidur

Masalah kesehatan mental ini dapat menyebabkan perubahan dalam pola tidur, baik itu insomnia (kesulitan tidur) atau hipersomnia (tidur berlebihan).

Perubahan Mood

Seseorang yang mengalami depresi dapat menunjukkan perubahan mood yang signifikan, seperti kesedihan yang mendalam, perasaan putus asa, atau kekosongan emosional.

Perubahan Pola Makan

Gangguan nafsu makan, seperti penurunan berat badan yang tidak disengaja atau peningkatan berat badan yang signifikan, bisa menjadi indikator.

0 Komentar