Mengapa Memandikan Bayi Prematur Secara Langsung Sangat Berisiko? Berikut Penjelasan dari Dokter

Mengapa Memandikan Bayi Prematur Secara Langsung Sangat Berisiko? Berikut Penjelasan dari Dokter
0 Komentar

KBEONLINE.ID– Diduga, sebuah klinik di Tasikmalaya telah melakukan kesalahan yang menyebabkan kematian seorang bayi yang baru lahir. Bayi yang lahir prematur dengan berat hanya 1,5 kg itu diklaim telah menerima perawatan yang tidak tepat.

Dikatakan bahwa bayi itu langsung dimandikan. Gambar-gambar bayi dari pemotretan bayi baru lahir yang dilakukan oleh klinik tanpa izin keluarga muncul bahkan setelah bayi tersebut meninggal dunia. Memandikan bayi tidak boleh dilakukan sembarangan.

“Dengan mengacu pada kasus yang terjadi di Tasik, perlu dilakukan investigasi menyeluruh. Memang benar bahwa bayi yang baru lahir dengan berat hanya 1,5 kg tidak bisa langsung mandi. Banyak sekali prosedur yang harus dilalui,” kata Angga pada Kamis, (23/11) melalui CNNIndonesia.com.

Baca Juga:Menu Spesial untuk Kucing Kampung: Jangan Sembarangan Kasih Makan, Berikut Pilihan Makanan Terbaik yang Akan Membuat Kucing Sehat!Rumah Makan yang Tidak Boleh Dilewatkan Jika Kamu Berada di Karawang: Rumah Pepes Jambal Legendaris yang Rasanya Khas

“Ketika hipotermia, organ tubuhnya bisa terkena masalah, mulai dari paru-paru hingga jantung. Makanya fatal dan bayi bisa meninggal seketika,” kata dia.

Inilah sebabnya mengapa bayi prematur tidak boleh langsung dimandikan jika berat badannya kurang. Bayi harus ditempatkan di inkubator dan diobservasi oleh dokter.

“Sebaiknya bayi dirawat di inkubator atau skin to skin contact atau yang dikenal dengan perawatan bayi kanguru oleh orang tuanya,” ujarnya. **

0 Komentar