Fakta Menarik Ikan Duyung Yang Jarang Diketahui, Memiliki Berbagai Cara Berkomunikasi Yang Unik

Fakta Menarik Ikan Duyung Yang Jarang Diketahui, Memiliki Berbagai Cara Berkomunikasi Yang Unik
0 Komentar

KBRONLINE.ID- Untuk mengetahui fakta menarik lainnya tentang makhluk menakjubkan ini, berikut fakta Menarik tentang Dugong, simak penjelasannya di bawah ini.

Mamalia Dugong sering disebut sebagai “sapi laut” karena tubuhnya yang berat dan tampak kokoh. Mereka berwarna coklat keabu-abuan dan panjangnya berkisar dari 2,4 meter sampai dengan 4 meter dan berat dewasa antara 230 – 400 kilogram.

Mereka memiliki sirip depan pendek seperti dayung dan ekor lurus, yang mereka gunakan untuk penggerak melalui air.

Baca Juga:Belum Tahu Bagaimana Cara Upgrade Akun Menjadi Akun DANA Premium?Ajukan Pinjaman DANA 5 menit Langsung Cair Tanpa KTP dan Jaminan, Cek Caranya Gampang

Dogong berbeda dengan manate, pada bagian ekor ciri yang dapat membedakannya dengan manate, yang memiliki ekor berbentuk dayung, sedangkan dugong mirip dengan ikan paus.

Telinga Dugong hampir tidak terlihat tetapi dianggap sangat sensitif dan mengimbangi penglihatan mereka yang buruk. Dugong memiliki gading tetapi hanya terlihat pada jantan dewasa dan betina yang sangat tua.

Perilaku Dugong termasuk spesies sosial dan dapat ditemukan dalam satu kelompok yang ukurannya dapat bervariasi dari hanya 2 hingga 200 individu.

Pasangan dugong yang ditemukan bersama sering kali merupakan pasangan induk dan anak dara.

Fakta Menarik Dugong

Dugong menghirup oksigen dari atas permukaan air melalui lubang hidungnya, dugong dapat menahan nafas hingga 11 menit dan menyelam hingga 33 meter untuk mencari makan.

Dugong tidak memiliki penglihatan terbaik, tetapi mereka mampu mengimbanginya dengan pendengaran yang sangat baik. Dugong dapat berkomunikasi menggunakan gonggongan, kicauan, derit, getar, dan suara lain yang dapat mengalir melalui air.

Mereka adalah satu-satunya mamalia laut lengkap yang makanannya hanya terdiri dari rumput laut (lamun), membuat mereka mendapat julukan sebagai sapi laut. Kerabat dekat mereka, manatee, juga hanya memakan tumbuhan tetapi mereka juga dapat ditemukan di daerah air tawar.

Baca Juga:Mamalia Laut Nan Cantik Yang Kini Terancam Punah, Apa Kamu Tahu Dugong?Mengenal Ikan Dugong Yang Mengeluarkan Suara Unik Di serial Kartun Upin dan Ipin

Percaya atau tidak, daratan terdekat dengan dugong adalah gajah. Dugong jantan tumbuh gading saat sudah dewasa. Dugong betina juga memiliki gading tetapi gading lenyap pada betina yang lebih tua.

0 Komentar