Mamalia Laut Nan Cantik Yang Kini Terancam Punah, Apa Kamu Tahu Dugong?

Mamalia Laut Nan Cantik Yang Kini Terancam Punah, Apa Kamu Tahu Dugong?
0 Komentar

KBRONLINE.ID- Ikan dugong dikategorikan sebagai biota perairan yang dilindungi, Ada beberapa ancaman yang membuat ikan dugong menjadi punah.

Kehidupan ikan dugong tentu menjadi kekhawatiran, mereka menjadi salah satu hewan yang dilindungi karena memiliki sejumlah ancaman. Berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, ikan dugong dikategorikan sebagai biota perairan yang dilindungi.

Ada beberapa ancaman yang membuat ikan dugong menjadi punah, adapun ancaman utamanya adalah:

Baca Juga:Mengenal Ikan Dugong Yang Mengeluarkan Suara Unik Di serial Kartun Upin dan IpinInformasi Lengkap Liburan di Pantai Tanjung Pakis, Pantai Paling Indah di Karawang, Harga Tiket Masuk dan Lokasinya

  • Berhadapan dengan hewan predator lain di lautan seperti hiu
  • Terdampar di perairan yang dangkal
  • Tertangkap jaring nelayan
  • Tertabrak kapal wisata ataupun nelayan
  • Dampak perluasan pelabuhan
  • Bencana alam
  • Menjadi hewan yang sering diburu dengan memanfaatkan daging, taring hingga air matanya.

Mengapa air mata ikan dugong menjadi buruan? Hal ini terjadi karena tradisi atau sebuah kepercayaan bagi sebagian masyarakat yang digunakan sebagai bahan ritual klenik. Padahal, tahukah Kawan bahwa air mata ikan dugong hanyalah lendir alami yang dikeluarkan saat mereka berada di luar air.

Dikutip dari WWF Indonesia menyebutkan bahwa program konservasi untuk meningkatkan efektivitas konservasi Dugong & ekosistem Lamun di Indonesia dilakukan melalui:

Penguatan dan pelaksanaan “Rencana aksi Konservasi” tingkat nasional untuk Dugong dan habitatnya Lamun

Peningkatan kesadartahuan dan penelitian di tingkat nasional tentang Dugong dan Lamun

Pengelolaan dan konservasi dugong dan lamun berbasis masyarakat di masing – masing lokasi kegiatan (Bintan, Kotawaringin Barat, Tolitoli, dan Alor)

Program ini dilakukan sebagai kerjasama direktoratKonservasi &Keanekaragaman Hayati laut Kementerian Kelautan dan perikanan, serta Pusat Penelitian Oseanografi – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan – Institut Pertanian Bogor, dan yayasan WWF-Indonesia Dengan dukungan dari United Nations.

Ikan dugong merupakan mamalia laut yang juga dikenal sebagai ikan duyung. Ingat ya Kawan, ikan duyung bukan putri duyung.

Baca Juga:Serbu Yuk Akhir Pekan Kamu Berlibur ke Pantai Tanjung Baru Karawang, Memiliki Panorama Eksotis30 Contoh Ucapan Hari Guru Nasional 2023

Karena beberapa orang menganggap bahwa ikan duyung merupakan putri duyung dari cerita-cerita dongeng atau dikenal dengan nama mermaid.

0 Komentar