Black Friday Jadi Hari Berbelanja Besar-besaran di AS, Ternyata Ini Alasannya!

Black Friday Jadi Hari Berbelanja Besar-besaran di AS, Ternyata Ini Alasannya!
0 Komentar

KBEONLINE.ID- Menurut situs resminya, Black Friday adalah hari Jumat setelah peringatan Thanksgiving, yang mana bagi sebagian besar orang menjadikannya sebagai hari untuk berbelanja dalam persiapan Natal.

Tahun ini, Black Friday bertepatan pada 24 November 2023, Black Friday ini telah menjadi salah satu hari belanja tersibuk tahunan di Amerika Serikat (AS).

Saat Black Friday, seluruh toko nasional di Amerika biasanya memberikan penawaran spesial seperti belanja hemat terbatas untuk berbagai macam barang dalam upaya menarik pembeli ke toko sambil menawarkan penawaran serupa secara online.

Baca Juga:Olahan Semur Tanpa daging Bisa Di Ganti Dengan 2 Bahan Ini Yang Gampang diMasaknya, Cek Resepnya Yuk!Selain Libra Yang Dapat Membaca Karakter Orang Lain Ada 3 Zodiak Lainnya, Apa Kamu Termasuk?

Istilah Black Friday sendiri diketahui bermula sejak tahun 1960-an di Amerika Serikat. Bermula pada peristiwa yang terjadi di Philadelphia.

Menurut laman Britannica, istilah Black Friday berawal sejak tahun 1960-an, ketika petugas polisi di Philadelphia mulai menggunakan frasa “Black Friday” untuk menggambarkan kekacauan yang terjadi saat sejumlah besar wisatawan pinggiran kota datang ke kota.

Polisi menggambarkan peristiwa tersebut dengan istilah “Black Friday”.  Dalam beberapa tahun kemudian, istilah Black Friday telah mengakar di Philadelphia.

Para pedagang di kota tersebut sempat berusaha memberikan wajah yang lebih baik pada hari itu dengan menyebutnya “Big Friday”. Namun hal itu tak bertahan lama dan kembali dengan istilah Black Friday.

Frasa “Black Friday” untuk menandakan dorongan positif dalam penjualan ritel tidak berkembang secara nasional hingga akhir 1980-an, ketika para pedagang mulai menyebarkan narasi keuntungan merah-ke-hitam.

Black Friday digambarkan sebagai hari di mana toko-toko mulai meraup untung untuk tahun ini dan sebagai hari belanja terbesar di Amerika Serikat.

Kenyataannya, sebagian besar toko mengalami penjualan terbesar pada hari Sabtu sebelum Natal.

Baca Juga:Sosok Adelia Lontoh, Istri Duta Vokalis Sheila On 7Bagaimana Proses Terjadinya Gluduk atau Gemuruh Sebelum Turun Hujan, Apa Kamu Tau?

Istilah Black Friday lantas dimanfaatkan oleh para pedagang atau toko-toko pengecer dan diubah menjadi istilah untuk memberikan penawaran menarik kepada para pelanggannya.

Hal ini memberikan dampak keuntungan besar bagi mereka. Dalam catatan akuntansi tinta merah artinya kerugian sementara tinta hitam artinya keuntungan.

0 Komentar