Provokator Kerusuhan Bela Palestina Itu Namanya Ormas Manguni, Mereka Sengaja Konvoi Kibarkan Bendera Israel

Provokator Kerusuhan Bela Palestina Itu Namanya Ormas Manguni
Provokator Kerusuhan Bela Palestina Itu Namanya Ormas Manguni
0 Komentar

“Insinden saling lempar aksi masa dua kubu di Kota Bitung (25/11) kemarin petang sangat disesalkan,” kata Sarbin, di Manado, Minggu, 26 November 2023.

Dia menuturkan pasti semua pihak menyesalkan dan prihatin atas peristiwa bentrokan tersebut. Kata dia, kekerasan tak boleh terjadi apapun alasannya. Sarbin mengatakan demikian karena bentrokan itu akan mengganggu persatuan dan kesatuan di Sulut. ”

Sangat disesalkan adanya kekerasan yang terjadi,” ujarnya.

Sarbin pun mengimbau agar semua pihak, umat beragama, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan seluruh elemen masyarakat Sulut bisa jaga persatuan dan kesatuan. Ia menekankan kebersamaan, kedamaian, keamanan di Sulut, khususnya Kota Bitung harus dipertahankan.

Baca Juga:Awas Provokator, Massa Bela Palestina Dihadang Ormas Pembela Yahudi Israel, 1 TewasSepuluh Ribu Warga Karawang Turun ke Jalan Bela Palestina

Sebelumnya massa Bela Palestina Dihadang Ormas Pembela Yahudi Israel, 1 tewas. Massa aksi bela Palestina terlibat bentrokan dengan massa salah satu ormas di Bitung, Sulut.

Peristiwa itu menyebabkan satu orang tewas dan dua lainnya terluka. “Ya betul, untuk informasi dari akibat keributan kemarin terjadi korban satu orang meninggal dunia dan dua orang lagi luka,” kata Kapolres Bitung AKBP Tommy Bambang Souissa kepada pers.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak terprovokasi informasi yang belum jelas kebenarannya. Tommy berharap masyarakat bisa menjaga perdamaian di Bitung.

“Kami mengimbau supaya masyarakat tidak terprovokasi itu, apabila dia melihat video-video yang beredar, itu belum tentu kebenarannya, dan (diimbau) tidak terprovokasi berita seperti itu,” ujarnya.

“Untuk situasi sekarang masih aman dan terkendali. Aktivitas dari masyarakat sini masih normal semua,” sambung Tommy.

Sebelumnya, kericuhan terjadi pada Sabtu (25/11). Peristiwa itu disebut berawal saat salah satu ormas merayakan HUT ke-12 di wilayah GOR Dua Saudara, Bitung. Acara HUT itu telah memperoleh izin dari pihak kepolisian.

Saat yang sama, ada massa aksi bela Palestina yang melintas di lokasi. Kedua kelompok itu kemudian terlibat bentrok. Polisi menduga bentrokan dipicu kesalahpahaman. **

0 Komentar