Karawang Target Satu Kecamatan Satu BKB HIU,  Percepat Penurunan Stunting dengan Perbaikan Pola Asuh Anak

Karawang Target Satu Kecamatan Satu BKB HIU
LAUNCHING: Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melaunching Bina Keluara Balita Holistik Integratif Unggulan (BKB HIU) perdana di Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat. Karawang Target Satu Kecamatan Satu BKB HIU
0 Komentar

KBEONLINE.ID -Karawang Target Satu Kecamatan Satu BKB HIU.  Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melaunching Bina Keluara Balita Holistik Integratif Unggulan (BKB HIU) perdana di Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat. Diluncurkan BKB HIU merupakan salah satu upaya dalam menurunkan angka stunting di Karawang.

Kepala DPPKB Karawang Sosial mengatakan, sesuai instruksi BKKBN dan amanat undang-undang. Setiap kabupaten/kota wajib memiliki minimal satu BKB HIU sebagai wadah pembinaan keluarga yang memiliki Balita, yang salah satu tujuannya akan bermuara pada percepatan penurunan stunting.

“Sesuai dengan peraturan Undang-Undang yang berlaku, di setiap kabupaten harus ada minimal satu BKB HIU. Alhamdulillah hari ini kami launching BKB HIU di Kabupaten Karawang tepatnya di Kelurahan Nagasari,” ujarnya.

Baca Juga:Panwaslu Rengasdengklok Siap Mengawasi Logistik Pemilu, Pastikan Transparan dan AkuntableMulai Besok, Bawaslu akan Plototi Para Peserta Pemilu 2024 yang Melakukan Kampanye

Ia menegaskan, di dalam program terdapat enam pilar. Pilar pertama tentang administrasi kependudukan. Di dalam pilar ini, DPPKB Karawang akan bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk melakukan pendataan bagi balita yang belum memiliki administrasi kependudukan.

“Programnya ada enam pilar, pertama tentang administrasi kependudukan bagi anak nanti kita akan kerjasama dengan Capil. Kita akan coba data anak bayi dan balita yang sampai saat ini administrasi kependudukannya belum terpenuhi. Setelah ini kita akan melakukan pendataan untuk balita yang belum mempunyai administrasi kependudukan,” jelas Sofiah.

Selain itu, BKB HIU juga fokus tentang cara mengasuh anak. Ia menegaskan mengasuh anak diperlukan kerjasama antara ayah dengan ibu. Ke depan akan diberikan kelas parenting bagi suami istri tentang pola asuh dan mendidik bagi anak.

“Kemudian kedua tentang pola pengasuhan anak dari ayah dan ibu. Kami ingin mengubah paradigma bahwa pengasuhan adalah kewajiban ibu. Nantinya akan ada kelas parenting bagi suami dan istri cara mengasuh dan mendidik anak. Orangtua harus berbagi peran dalam mendidik dan mengasuh anak,” imbuhnya.

0 Komentar