Rahasia Mengatasi Demam Pada Anak, Dokter Anak: Tidak Semua Demam Membutuhkan Antibiotik, Simak Agar Parents Tetap Tenang!

Rahasia Mengatasi Demam Pada Anak, Dokter Anak: Tidak Semua Demam Membutuhkan Antibiotik, Simak Agar Parents Tetap Tenang!
0 Komentar

KBEONLINE.ID– Mulya Rahma Karyanti, SpA(K), M.Sc, spesialis kesehatan anak di Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo, menyatakan bahwa tidak semua demam membutuhkan antibiotik karena mayoritas penyebabnya, termasuk radang tenggorokan, 80%  disebabkan oleh virus.

Karyanti mengimbau agar pasien segera dibawa ke pusat kesehatan jika demam tidak membaik setelah tiga hari dalam sebuah acara daring yang diselenggarakan oleh RSCM – ILUNI FKUI. Selanjutnya, pasien dapat diminta untuk menjalani tes, seperti tes darah, untuk mengetahui jumlah leukosit atau sel darah putih.

“Ada berbagai jenis antibiotik, misalnya khusus untuk saluran pernapasan atas, infeksi saluran kemih, saluran cerna, memang ada kekhususan karena pola kumannya berbeda,” kata Karyanti.

Baca Juga:Sinopsis Drakor Vigilante: Mengisahkan Aksi Sosok Misterius yang Punya Keberanian Menghadapi Kejahatan Tapi Main Hakim SendiriTemukan Bagaimana Literasi Dapat Mengubah Hidupmu: Simak Manfaat Membaca Buku yang Memberikan Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan Fisik dan Mental!

Antibiotik biasanya diberikan kepada anak-anak berdasarkan berat badan mereka dalam kilogram. Biasanya, orang dewasa menerima satu tablet, kaplet, atau kapsul. Untuk mencegah bakteri mengembangkan resistensi terhadap antibiotik yang diberikan, ia menganjurkan pasien untuk setia meminum obat sesuai petunjuk dokter dan menghabiskannya.

0 Komentar