Proses Pembuatan Kapal Pinisi yang Unik, Berikut Ketahui Sejarah Awal Terbuatnya, Asli Sulawesi Yang Melegenda

Proses Pembuatan Kapal Pinisi yang Unik, Berikut Ketahui Sejarah Awal Terbuatnya, Asli Sulawesi Yang Melegenda
0 Komentar

Asal-usul Nama Pinisi

Terdapat perbedaan pendapat tentang asal nama kapal pinisi. Mengutip informasi dari laman resmi Warisan Budaya Takbenda Indonesia, versi pertama menyebut bahwa kata pinisi bersumber dari nama kota di Italia, Venecia/Venezia.

Nama Kota Venecia/Venezia tersebut lambat laun mengalami perubahan hingga menjadi pinisi menurut dialek Konjo. Alasan suku Bugis Makassar mengambil nama kota ini adalah karena kebiasaan mengabadikan nama tempat terkenal atau yang mempunyai kesan istimewa untuk benda kesayangan.

Sementara itu, versi kedua menyebut bahwa pinisi berasal dari kata panisi yang berarti sisip (menyisip). Nama ini muncul akibat proses penyumbatan bagian sambungan papan, dinding, dan lantai kapal dengan bahan tertentu.

Baca Juga:4 Zodiak Ini Gampang Nyebelin Sifatnya, Suka Blak-blakkan Bicaranya, Apa Kamu Termasuk?MAMA AWARDS 2023 Sukses di Gelar Day 1 Cek Para Pemenangnya

Sementara itu, berdasar tugas akhir berjudul Desain Kapal Wisata Jenis Pinisi di Perairan Indonesia Timur oleh Bondan Kartika Ahmad Ibrahim, nama pinisi berasal dari kata “peeneeseek”. Kata tersebut kemungkinan berasal dari istilah Prancis dan Jerman, “pinasse” untuk menyebut kapal layar berukuran sedang.

Laman:

1 2
0 Komentar