Belum Tentu Demam, Berikut ini Suhu tubuh Normal Anak

Belum Tentu Demam, Berikut ini Suhu tubuh Normal Anak
0 Komentar

Banyak informasi yang perlu diketahui saat mengamati pertumbuhan Si Kecil, salah satunya adalah memahami suhu tubuh normal anak. Mengetahui hal ini sangat penting untuk melakukan langkah-langkah pencegahan dan penanganan yang tepat jika tiba-tiba suhu tubuh Si Kecil meningkat, terutama karena pada masa bayi, mereka belum dapat menyampaikan apa yang dirasakan saat sakit.

Sebagai pengganti itu, bayi cenderung menangis sebagai respons terhadap ketidaknyamanan. Ketika mereka mengalami demam, reaksi umumnya adalah menangis dan menunjukkan gejala lainnya. Kondisi ini seringkali dapat menyebabkan kebingungan dan kepanikan pada orang tua.

Suhu Normal Anak

Suhu tubuh normal anak bervariasi tergantung usia dan area tubuh yang diukur dengan termometer. Menurut dr. Robert Soetandio, seorang Dokter Spesialis Anak di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, suhu tubuh normal bayi baru lahir hingga usia 3 bulan berkisar antara 36,5 hingga 37,5 derajat Celsius. Namun, fluktuasi sekitar 0,5 derajat Celsius setiap harinya adalah hal yang umum terjadi dan dipengaruhi oleh aktivitas dan suhu lingkungan sekitar.

Baca Juga:Tontonan Malam Natal, Rekomendasi 10 Film Natal Romantis, Cocok Banget Ditonton Bareng Pasangan.Tradisi Unik Perayaan Natal dari Berbagai Negara, Bikin Malam Natal Makin Sakral

Suhu tubuh bayi biasanya sedikit lebih tinggi dibandingkan anak yang lebih tua karena metabolismenya yang lebih cepat. Rata-rata suhu tubuh bayi hingga usia 1 tahun adalah 37,4 derajat Celsius, dan dapat mencapai 37,6 derajat Celsius pada usia 1 tahun. Seiring dengan pertambahan usia, suhu normal pada masa balita berkisar sekitar 37 derajat Celsius, menyerupai suhu tubuh orang dewasa. Berikut adalah kisaran suhu tubuh normal bayi dan anak sesuai usia yang dilansir dari Medical News Today.

Suhu Normal Anak usia 0-2 tahun

  • Suhu mulut: 35,5 – 37,5 derajat Celsius
  • Suhu rektum (dubur): 36,6 – 38 derajat Celsius
  • Suhu ketiak: 34,7 – 37,3 derajat Celsius
  • Suhu telinga: 36,4 – 38 derajat Celsius

Suhu Normal Anak usia 3-10 tahun

  • Suhu mulut: 35,5 – 37,5 derajat Celsius
  • Suhu rektum (dubur): 36,6 – 38 derajat Celsius
  • Suhu ketiak: 35,9 – 36,7 derajat Celsius
  • Suhu telinga: 36,1 – 37,8 derajat Celsius

Nah, dilihat dari rentang suhu normal anak di atas, para ahli menyepakati bahwa angka rata-rata suhu tubuh anak yang normal yaitu sekitar 37 derajat Celsius.

0 Komentar