Sejarah Tentang AKABRI, Cikal Bakal Menjadi Tentara Akademi TNI

Sejarah Tentang AKABRI, Cikal Bakal Menjadi Tentara Akademi TNI
0 Komentar

Dikutip dari situs Akademi TNI, Tentara Nasional Indonesia (TNI) berawal dari Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI). Para pendiri TNI merasa perlu menyatukan visi dan persepsi dengan mengintegrasikan Angkatan Perang dan Polri menjadi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Lalu, dibentuklah organisasi lembaga pendidikan untuk membawahi ABRI yaitu AKABRI.

Dorongan untuk menyatukan lembaga pendidikan TNI ditingkat Akademi bukan hanya mempersiapkan sumber daya manusia TNI yang memiliki profesionalisme, tetapi juga untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, kekompakan dan semangat integrasi. Keinginan untuk berintegrasi ini sudah dicanangkan jauh sebelumnya oleh para pendiri TNI, seperti Jenderal TNI Gatot Soebroto yang saat itu menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat.

Berdirinya AKABRI pada tahun 1965 menjadi salah satu harapan besar, baik bagi TNI maupun bagi masyarakat, demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa. AKABRI diawali dengan dibentuknya suatu panitia yang dipimpin oleh Laksamana Muda OB Syaaf pada tanggal 5 Juli 1965 dengan tugas pokok menyusun dan merencanakan pendidikan Akademi TNI yang terintegrasi dalam satu wadah.

Laman:

1 2
0 Komentar