Mengenal Sosok Leonardo da Vinci, Sang Pelukis Mona Lisa

Ilustrasi Sosok Leonardo da Vinci
Ilustrasi Sosok Leonardo da Vinci
0 Komentar

Leonardo da Vinci merupakan seniman dari Italia. Salah satu karyanya yang mendunia adalah lukisan Mona Lisa. Siapakah sosok Leonardo da Vinci? Yuk cari tahu!

Banyak yang mengenal secara luas sebagai salah satu polymath terbesar dalam sejarah manusia, Leonardo merupakan seorang penemu, seniman, musisi, arsitek, insinyur, ahli anatomi, ahli botani, ahli geologi, sejarawan, dan kartografer.

Meskipun karyanya dalam seni tidaklah banyak, namun dampak  Leonardo sangatlah besar. Karya-karyanya mencerminkan pengetahuannya yang mendalam tentang anatomi tubuh. Penelitiannya yang luas tentang cahaya dan wajah manusia, dan penerapan teknik sfumato (bahasa Italia untuk “berasap”), yang menghasilkan gambar yang sangat hidup.

Baca Juga:Siapa Sosok dalam Lukisan Mona Lisa Sebenarnya? Yuk Simak!Fakta Menarik Lukisan Mona Lisa, Ditemukan Setelah Pelukisnya Meninggal hinga Sempat Dicuri

Leonardo menganggap seniman sebagai murid ilahi, seperti yang ia ungkapkan dalam tulisannya, “Kami, melalui seni kami, dapat dianggap sebagai cucu-cucu Tuhan.”

Para sarjana abad ke-21 di MIT menempatkannya sebagai orang paling berpengaruh keenam yang pernah hidup. Sama seperti Rembrandt dan Michelangelo, ketenarannya sangat besar sehingga banyak yang mengenalnya hanya dengan nama depannya saja.

Meskipun begitu, terdapat fakta-fakta mengejutkan tentang sosok Leonardo da Vinci yang mungkin belum kita ketahui lebih jelas.

Sosok Leonardo da Vinci

Leonardo da Vinci lahir pada 15 April 1452 di Vinci, Italia. Ayahnya, Ser Piero da Vinci merupakan seorang notaris terkenal di Florence. Sementara ibunya, Caterina, merupakan seorang wanita muda yang berasal dari luar kota dan bekerja sebagai pembantu rumah tangga di rumah keluarga Ser Piero.

Setelah kelahiran Leonardo, Caterina menikah dengan seorang petani dan pindah dari Vinci. Oleh karena itu, Leonardo dibesarkan dalam lingkungan keluarga ayahnya dan tinggal bersama neneknya.

Meskipun keluarga Leonardo da Vinci tidak memiliki latar belakang seni yang khusus, ayahnya memiliki minat yang besar dalam seni dan sastra.

Ayahnya juga memperkenalkan Leonardo pada seni dan ilmu pengetahuan sejak usia dini. Leonardo menunjukkan bakatnya dalam seni dan memulai pembelajaran di bawah bimbingan seorang seniman bernama Andrea del Verrocchio di Florence ketika berusia 14 tahun.

Baca Juga:Cerita Dibalik Lukisan Mona Lisa Karya Pelukis Terkenal Leonardo Da Vinci5 Fakta Menarik Istana Kensington, Tempat Tinggal Para Bangsawan

Fisik yang menawan

Leonardo menciptakan beberapa karya seni paling indah di dunia, termasuk “The Last Supper” dan “Mona Lisa.” Pada zamannya, banyak yang mengenalnya sebagai pribadi yang sangat menawan.

0 Komentar