Sejarah Singkat Memperingati Hari Ibu 22 Desember, Serta Tema Hari Ibu 22 Desember 2023

Sejarah Singkat Memperingati Hari Ibu 22 Desember, Serta Tema Hari Ibu 22 Desember 2023
0 Komentar

KBEONLINE.ID- Berikut ini sejarah singkat, tema hari ibu 22 Desember 2023, simak penjelasannya dibawah ini.

Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember merupakan momen yang sangat istimewa dan penuh makna bagi masyarakat di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Tanggal ini tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan kasih sayang dan pengorbanan seorang ibu, tetapi juga sebagai penghormatan atas peran dan kontribusinya dalam membangun keluarga dan masyarakat.

Sejarah Singkat Hari Ibu 22 Desember

Baca Juga:Tips Sunscreen Dipakai Setelah Apa? Dan Cara PemakaiannyaWajah Terlihat Tua? Gunakan Sunscreen Dapat Membuat Wajah Awet Muda

Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya. Di Indonesia, Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Sejarah Hari Ibu di Indonesia merujuk pada Kongres Perempuan Indonesia pertama yang dilaksanakan pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta. Dari kongres ini, tiga mosi yang berkaitan dengan perempuan dihasilkan:

Munculnya hasrat untuk membentuk organisasi yang solid dengan kehadiran “Perserikatan Perempuan Indonesia”.

Pengembangan kesadaran tentang perempuan dan masyarakat luas.

Mengenang perjuangan dan semangat kaum perempuan.

Pada awalnya, peringatan Hari Ibu hanya untuk mengenang jasa ibu yang begitu istimewa. Namun, seiring waktu, Hari Ibu juga menjadi momen khusus untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas untuk memberikan dukungan dan mengingat kembali hari kebangkitan dan persatuan perjuangan kaum.

Dalam konteks global, Hari Ibu juga diperingati di berbagai negara. Misalnya, di Amerika Serikat, Hari Ibu menjadi hari libur nasional pada 1910-an dan di Grafton, West Virginia, di mana Anna Jarvis mengadakan peringatan atas kematian ibunya. Pada 1914, Woodrow Wilson menandatangani deklarasi untuk menjadikan Hari Ibu sebagai hari libur nasional

Tema Hari Ibu 2023

Memperingati perayaan hari ibu 2023, KemenPPA mengusung tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Tema ini diusung sebagai panggilan untuk mengapresiasi kontribusi para perempuan Indonesia untuk kemajuan bangsa dalam berbagai aspek kehidupan.

Selain tema utama tersebut, ada juga 4 subtema Peringatan Hari Ibu 2023. Keempat subtema tersebut adalah suatu kesatuan yang saling terkait untuk membingkai semangat dan gerakan perempuan untuk mendobrak sebagai tantangan dan keterbatasan yang dihadapi.

0 Komentar