Apakah kamu Masih Percaya Mitos dan Fakta Pelangi? Ada Pot Emas di Ujung Pelangi

Apakah kamu Masih Percaya Mitos dan Fakta Pelangi? Ada Pot Emas di Ujung Pelangi
0 Komentar

Pelangi Membentuk Busur yang Sempurna

Pelangi sebenarnya membentuk satu lingkaran penuh meskipun kamu saat melihatnya berbentuk setengah lingkaran. Mengapa hal itu bisa terjadi? Seseorang hanya dapat melihat cahaya yang dipantulkan oleh tetesan hujan di atas langit. Oleh sebab itu, saat pelangi terlihat tidak akan membentuk lingkaran sempurna.

Hanya pilot pesawat atau helikopter yang bisa melihat pelangi dalam bentuk lingkaran sempurna. Hal itu disebabkan mereka melihat pantulan cahaya dari atas. Selain itu, beberapa pendaki gunung yang berada di puncak juga bisa melihat pelangi membentuk lingkaran penuh.

Ada Pot Emas di Ujung Pelangi

Salah satu mitos pelangi yang paling terkenal adalah pot emas. Konon, di ujung pelangi ada pot emas yang dijaga Leprechaun yang licik, yaitu sosok peri jantan yang dikisahkan pada mitologi Irlandia.

Baca Juga:Ternyata Ada 8 Jenis Pelangi Yang Ada Di DuniaKenapa Pelangi Berwarna-warni? Ini Penjelasan Prosesnya

Dalam mitos tersebut, dikisahkan bahwa dahulu kala seseorang di Irlandia menjarah berbagai harta. Ia kemudian menguburnya di seluruh perdesaan. Namun, semua barang hasil jarahan itu secara tidak sengaja ditemukan oleh Leprechaun. Kemudian, barang itu dikubur ke dalam pot di bawah tanah seluruh pulau. Saat pelangi muncul, ujungnya akan mengarah kepada pot emas yang telah dikubur itu.

Pelangi Sering Muncul di Jam yang Sama

Meskipun pelangi bisa muncul kapan saja entah saat pagi, siang, sore atau malam, namun ada jam-jam di saat pelangi sering muncul. Pada umumnya, pelangi lebih mungkin terjadi ketika sore hari karena sudut atau pantulan matahari sangat tepat sehingga terbentuk lengkungan warna-warni tersebut.

Kita Bisa Membuat Pelangi Sendiri

Bisakah kita membuat pelangi sendiri? Ya, kita bisa membuatnya kapan saja. Yang kita butuhkan adalah tetesan air yang membelakangi matahari. Tidak lama kemudian akan muncul lengkungan cahaya warna-warni. Selain dengan air, pelangi juga dapat dibuat dari cermin.

0 Komentar