Moms Wajib Tahu! Kenali Tanda Bayi Alergi Makanan MPASI

Moms Wajib Tahu! Kenali Tanda Bayi Alergi Makanan MPASI (Foto/pampers.co.uk)
Moms Wajib Tahu! Kenali Tanda Bayi Alergi Makanan MPASI (Foto/pampers.co.uk)
0 Komentar

Moms dan Dads perlu mengetahui tanda-tanda bayi mengalami alergi makanan MPASI (Makanan Pendamping ASI) agar dapat mengatasi gejala dengan cepat. Apa saja tanda bayi alergi makanan MPASI?

Alergi makanan pada bayi merupakan respons sistem kekebalan tubuh yang berlebihan terhadap protein tertentu dalam makanan. Meskipun kejadian alergi makanan pada bayi cukup jarang, kondisi ini dapat menyebabkan reaksi serius jika tidak Moms identifikasi dan tangani dengan baik.

Oleh karena itu, memahami tanda-tanda alergi makanan pada bayi yang baru mulai diperkenalkan dengan MPASI menjadi hal yang penting. S

Baca Juga:Bolehkah Bayi Baru Lahir Digendong Posisi M? Ini Jawabannya Moms!Moms Perhatikan Ini! Cara Menggendong Bayi dengan Baik agar Aman dan Nyaman

alah satu indikator utama alergi makanan pada bayi adalah munculnya gejala kulit seperti ruam, gatal, atau bengkak setelah mengonsumsi makanan tertentu. Mari kita simak tanda bayi alergi makanan MPASI di bawah ini!

1. Gatal di kulit, biduran, atau eksim
2. Kolik
3. Gangguan pencernaan seperti mual, muntah, atau diare
4. Napas bersuara grok-grok, batuk, pilek, serta kesulitan bernapas
5. Pembengkakan pada area yang bersentuhan dengan makanan
6. Kejadian pingsan

Reaksi alergi biasanya muncul dalam beberapa menit atau jam setelah mengonsumsi makanan yang menyebabkan alergi. Jika bayi menunjukkan gejala yang sama setiap kali mengonsumsi makanan tertentu, hal ini menandakan kemungkinan alergi terhadap makanan tersebut. Gejala alergi dapat meliputi:

1. Pembengkakan di bagian tubuh yang terpapar makanan, seperti mulut, lidah, wajah, dan tenggorokan
2. Mual, muntah, nyeri perut, atau diare
3. Ruam, kemerahan, atau gatal pada kulit
4. Batuk, bersin, kesulitan bernapas, dan hidung berair
5. Mata merah, berair, dan gatal

Bila terdeteksi adanya alergi terhadap jenis makanan tertentu, disarankan agar orang tua segera menghentikan pemberian makanan tersebut kepada anak.

0 Komentar